Diagram dan Karakteristik Hidrolis

Kelashiro.com - Assalamualaikum, Wr, Wb apa kabar kalian semua ? Mudah - mudahan kabar kalian semua selalu dalam keadaan sehat walafiat, aammiinn.

Baiklah pada kesempatan kali ini kami akan melakukan sharing kembali kepada kalian semua tentang hidrolis, materi yang akan disampaikan kali ini adalah tentang diagram dan karakteristik. Jadi jika kalian semua memerlukan informasi ini yu simak dan baca sampai habis materinya.

Diagram hidrolik

Didalam sistem hidrolik, diagram hidrolik mengunakan garis dan simbol untuk mempermudah didalam membaca diagram rangkaian hidrolik.

Sedangkan gambar simbol dari komponen-komponen hidrolik maupun pneumatik adalah sebagai berikut:



Sebagai contoh, didalam rangkaian hidrolis sederhana, akan terdiri dari: tangki sebagai penampung cairan hidrolis, saringan (filter), katub pengatur alran hidrolis, unit penggerak (aktuator), pengatur tekanan dan pengukur tekanan.


  • Pembacaan diagram hidrolik
Dalam setiap rangkaian hidrolik yang lengkap, dipastikan akan tersedia unit tenaga, unit pengatur dan unit penggerak. Perhatikan gambar diatas. Pada setiap pembacan gambar, kita akan selalu memulainya dengan  unit penghasil tenaga. Unit ini secara sederhana terdiri dari tangki hidrolis,

saringan, pompa hidrolis juga pengatur dan pengukur tekanan. Tugas utama bagian ini adalah menghasilkan tekanan didalam sistem hidrolis. Besar kecilnya tekanan yang dihasilkan diatur oleh relief valve. Tingkat tekanan tersebut diatur sesuai dengan kebutuhan didalam sistem.

Unit berikutnya adalah unit kontrol. Unit ini biasanya dikendalikan dengan menggunakan katub pengarah. Katub-katub pengarah ini akan mengatur arah aliran tekanan hidrolis didalam sistem. Posisi-posisi katub pengarah antara lain:
  • Posisi Netral: posisi dimana cairan hidrolis dikembalikan langsung ke tangki tanpa dialirkan terlebih dahulu ke aktuator. Pada posisi ini walaupun tekanan hidrolis tinggi namun aktuator tidak bereaksi sama sekali.
  • Posisi Penggerakan: pada posisi ini tekanan hidrolis yang dihasilkan oleh unit tenaga akan dialirkan langsung menuju aktuator. Sehingga aktuator akan bereaksi dengan bergerak. Posisi ini terus berlangsung sampai posisi katub pengatur berubah.
  • Posisi Menahan: poda posisi ini katub akan mempertahankan jumlah dan tekanan yang ada pada sisi unit penggerak dengan menutup saluran keluar menuju tangki. Disisi lain juga akan menutup masuk yang berasal dari unit penggerak dan mengalirkan kembali ke tangki.
  • Posisi Release: pada posisi ini katub pengatur akan tetap menutup saluran masuk yang berasal dari unit penggerak dan membuka saluran buang dari aktuator yang menuju ke tangki. Sehingga tekanan kembali ke tekanan normal dan sebagian cairan hidrolis akan kembali ke tangki.
Karakteristik pompa fluida

Setiap pompa memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan desain pembuatannya. Sehingga akan memperngaruhi ukuran dan konstruksi dari masing-masing pompa, diameter impeler pompa, serta tingkat putaran operasionalnya. karakteristik sebuah pompa ditunjukkan melalui sebuah kurva Head vs Debit pompa dibawah ini


Kurva karakteristik pompa diatas juga biasa dikenal di dunia engineering dan industri sebagai Kurva Performa Pompa.

Jika pada sebuah pompa tertentu di jaga konstan putaran porosnya, maka kita dapat menggeser Kurva performansinya dengan cara memvariasi besar diameter impellernya.


Begitu pula jika kita menjaga diameter impeller pompa pada kondisi konstan lalu kita memvariasikan besar putaran porosnya, maka kita juga dapat menggeser pompa ke kanan maupun ke kiri.

Pemvariasian kondisi pompa di atas memang tampak kurang lazim. Namun di dunia industri hal tersebut menjadi hal yang lumrah. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap misalnya, pompa utama yang mensupply air menuju boiler harus dapat memvariasi besar debit air yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan uap air yang akan di produksi boiler. Perubahan beban listrik maka kebutuhan uap airnya juga berbeda-beda. Pemvariasian putaran pompa menjadi solusi yang masuk akal untuk digunakan pada industri ini.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan dan dapat kami informasikan kepada teman - teman semua tentang diagram dan karakteristik hidrolis, mudah mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk teman - teman sekalian yang sedang membutuhkannya.

0 Comments