Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Ukuran Huruf Standar dari Gambar Teknik

Setelah kalian mempelajari Bagaimana cara penulisan, dan lain sebagainya maka kalian sudah siap untuk masuk kedalam. Pertemuan berikutnya yaitu Ukuran terhadap Huruf Standar.
Perbandingan mulai dari tinggi dan juga lebar huruf diambil dari perbandingan ukuran kertas yang distandarkan, yaitu : 
Ketentuan – ketentuan yang ada pada ukuran huruf yang dianjurkan dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Keterangan dari tabel:
1) Tinggi huruf kecil : tinggi huruf kecil disini merupakan tinggi huruf kecil diantara huruf yang dipakai, tinggi huruf kecil ini tanpa tangkai dan kaki (huruf b, k, l = bertangkai dan j, g = berkaki).
2) Tinggi huruf kecil untuk yang menggunakan tipe A = (10/14).h dan untuk yang menggunakan tipe B = (7/10).h
3) Jarak antar huruf : jarak antar huruf disini merupakan jarak antara huruf yang satu dan lainnya dalam satu kata. Untuk yang menggunakan tipe A (2/14).h dan untuk tipe B (2/10).h.
4) Jarak antar garis : jarak antar garis disini merupakan jarak antara batas bawah huruf besar di atas dan juga yang ada pada batas atas huruf besar di bawah.
5) Jarak antar kata : bila dalam suatu kalimat ada dua kata yang saling disambungkan (misalnya baja nikel) maka jarak antara kata baja dan nikel tersebut agar dianjurkan sebagai berikut: untuk penggunaan tipe huruf A jaraknya 6/14.h dan untuk tipe huruf B jaraknya 6/10.h.
6) Tebal huruf yaitu tebal pada pena yang dipergunakan untuk membuat huruf. Ukuran pena tersebut harus disesuaikan dengan tinggi huruf dan juga pada tipe huruf yang digunakan. Tebal huruf yang dianjurkan untuk pengguna tipe A adalah 1/14.h dan untuk tipe B yaitu 1/10.h. 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.
Load comments

Comments