Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Perlengkapan Untuk Menggambar Teknik beserta Fungsinya

Busur Derajat
Busur derajat difungsikan sebagai pembagi dari sebuah sudut menjadi sama besar. Busur derajat pada umumnya terbuat dari plastik atau terbuat dari mika bening serta dilengkapi dengan garis-garis pembagi mulai dari sudut 0 Derajat sampai dengan sudut 180 Derajat namun ada pula yang dimulai dari sudut 0 Derajat sampai dengan sudut 360 Derajat. 

Untuk dapat mengukur besar sudut menggunakan busur derajat, perhatikan berikut ini adalah langkah-langkahnya :
  • Tempatkan pusat busur derajat pada titik sudut yang akan diukur.
  • Tempatkan pada salah satu kaki sudutnya yaitu pada 0°.
  • Bacalah angka yang ada pada busur derajat yang dilalui oleh kaki sudut yang lain. Angka inilah yang merupakan besar sudut tersebut.

Kertas Gambar

Kertas yang biasa dipergunakan adalah yang dapat membuat gambar teknik merupakan kertas gambar yang berwarna putih yang mana pada bagian dari permukaannya tidak kasar. Apabila kertas gambar kasar akan sangat sulit menarik garis lurus dengan tinta.

Jenis kertas gambar yang biasa digunakan pada gambar teknik terdiri atas tiga jenis, ialah:
  • Kertas bagan, yaitu kertas gambar putih tebal yang memiliki garis - garis horizontal dan juga vertikal dengan jarak 10 x 10 mm. Kertas bagan ini berfungsi untuk dapat membuat gambar sementara yang dihasilkan dari hasil pengukuran dengan skala yang bukan sebenarnya.
  • Kertas putih tebal, yaitu kertas gambar biasa yang sering digunakan untuk dapat membuat gambar dengan skala dan ukuran yang sebenarnya.
  • Kertas kalkir, yaitu sebuah kertas transparan yang biasa digunakan untuk membuat gambar dengan tinta.

Pensil Gambar

Pensil merupakan sebuah alat gambar yang paling sering dipakai untuk latihan dalam melakukan gambar teknik dasar. Pensil gambar terdiri dari pada batang pensil dan juga isi pensil.
  • Pensil Gambar berdasarkan Bentuknya

a). Pensil Batang

Pada pensil ini, antara isi dan batangnya menyatu. Untuk menggunakan pensil ini harus diraut terlebih dahulu. Habisnya isi pensil bersamaan dengan habisnya batang pensil. 

b). Pensil Mekanik

Pensil mekanik, antara batang dan juga dari isi pensil terpisah. Jika isi pensil habis maka akan dapat diisi ulang. Batang pensil tetap tidak bisa habis. Pensil mekanik memiliki ukuran berdasarkan diameter dari mata pensil, misalnya: 0,3 mm, 0,5 mm dan 1,0 mm. 
  • Pensil Gambar berdasarkan Kekerasan
Pensil gambar yang diproduksi oleh para perusahaan mempunyai tingkat kekerasan yang cukup berbeda-beda. Tingkat kekerasan inilah yang dilambangkan dengan huruf yang merupakan singkatan dari Bahasa Inggris seperti: F untuk Firm, H untuk Hard dan B untuk Black.

Tingkat dari kekerasan pensil memberikan perbedaan pada tebal dan juga tipis garis yang dihasilkan. Tingkat kekerasan pensil yang ada di pasaran dapat dilihat pada tabel berikut: 
Untuk dapat belajar gambar maka sangat dianjurkan untuk kalian dapat menggunakan pensil dengan tingkat kekerasan H dan 2H dimana H digunakan untuk dapat menggambar garis yang tipis dan 2H untuk menebalkan garis.

Untuk mendapatkan sebuah garis dengan ketebalan yang cukup merata dari ujung ke ujung, maka kedudukan pensil batang sewaktu dapat menarik garis harus dimiringkan 60° dan selama menarik garis, pensil diputar dengan telunjuk dan ibu jari. 

Untuk dapat membuat garis menggunakan pensil mekanik, maka posisi pensil harus tegak lurus, supaya garis yang dapat dihasilkan mempunyai ketebalan yang sama. Hal yang perlu diingatkan adalah jangan memanjangkan isi pensil terlalu panjang karena isi pensil akan mudahkan patah atau putus. 

Penggaris T

Penggaris T yang terdiri dari dua bagian, bagian dari mistar panjang dan bagian kepala berupa mistar pendek tanpa ukuran yang bertemu dan membentuk sudut 90°. 
Penggaris Siku

Penggaris siku terdiri atas satu penggaris segitiga yang bersudut 45°, 90°, 45° dan satu buah penggaris yang bersudut 30°, 90° dan 60°. Sepasang penggaris berbentuk segitiga ini digunakan untuk dapat membuat garis-garis sejajar, sudut-sudut istimewa dan garis yang saling tegak lurus.
Jangka Gambar

Jangka merupakan sebuah alat gambar yang digunakan untuk dapat membuat lingkaran dengan cara menancapkan salah satu ujung batang pada bagian kertas gambar sebagai pusat lingkaran dan yang lain berfungsi sebagai pensil untuk menggambar garis. 
Dari konstruksi jangka, bagian kepala jangka harus dikartel supaya pada saat jangka diputar tidak sukar dan juga tidak licin. Bagian dari kaki pada jangka harus terjepit tetapi tetap masih bisa digerakkan. Jarum jangka yang terletak pada bagian diujungnya dari jangka mempunyai dua ujung yang cukup tajam dimana pada bagian ujung yang satu mempunyai titik yang kecil dan dada. Untuk mencegah kerusakan pada kertas gambarnya pada saat membuat lingkaran sebaiknya menggunakan ujung jangka yang kecil. 

Berdasarkan penggunaannya jangka terbagi atas:

1) Jangka besar, dipergunakan untuk dapat menggambar lingkaran dengan diameter sekitar 100 sampai 200 mm.
2) Jangka menengah, dipergunakan untuk dapat menggambar lingkaran dengan diameter 20 sampai 100 mm.
3) Jangka kecil, dipergunakan untuk dapat menggambar lingkaran dengan diameter 5 sampai 30 mm.

Untuk dapat membuat lingkaran dengan menggunakan diameter 500 mm dapat digunakan penyambung atau jangka batang sedangkan untuk membuat bagian lingkaran dengan jari-jari yang kecil dapat dipergunakan dengan menggunakan jangka orleon dan jangka pegas. Perbedaannya dengan jangka biasa adalah besar kecilnya lingkaran yang akan dibuat dengan jangka orleon dibuat dengan menyetel sekrup setelan. 

Mal Gambar

Mal Gambar dipergunakan untuk dapat memudahkan dan juga mengefisienkan waktu dalam pengerjaan pada gambar dalam bentuk lingkaran-lingkaran kecil, ellips, segi enam dan garis-garis lengkung lainnya. Mal yang saat ini sudah beredar banyak terbuat dari plastik dan mika bening yang ukurannya dibuat berdasarkan standar. 

Rapido

Rapido merupakan alat gambar dengan menggunakan tinta untuk menggambar pada kertas kalkir. Rapido memiliki berbagai macam-macam ukuran (yang menunjukkan ketebalan pada garis yang dihasilkan) mulai dari 0,1 mm sampai dengan 2,0 mm.

Untuk memudahkan pemilihan pen, maka tiap ukuran ditandai dengan warna tertentu. Salah satu bentuk rapido dapat dilihat pada gambar berikut. 

Agar tahan lama, rapido harus dirawat dengan cara membersihkannya secara rutin.

Untuk membersihkan pen rapido dapat ditempuh langkah-langkah sebagai berikut:

1) Lepaskan pena dari tangkai/rumahnya dengan menggunakan kunci pena yang tersedia.
2) Semprotkan air ke arah pena.
3) Ketuk-ketukan secara perlahan-lahan untuk mengeluarkan tinta di dalam pen tersebut dan semprot kembali dengan air sampai bersih.

Papan dan Meja Gambar

Papan dan juga meja gambar harus memiliki yang namanya permukaan rata, lurus dan licin agar penggaris T dapat digeser. Ukuran papan gambar yang memadai untuk gambar teknik adalah panjang 1265 mm, lebar 915 dan tebal 30mm.

Meja gambar juga dirancang dengan ukuran sesuai dengan ukuran kertas, seperti ukuran kertas A0 dan A1. Bahan papan gambar terbuat dari urat kayu yang halus dan tidak terlalu keras maupun terlalu lunak. Jenis kayu yang sering digunakan adalah jenis kayu pohon cemara, linde dan pelupir.

Untuk menghindari terjadinya papan gambar bengkok atau lengkung akibat terjadinya perubahan cuaca, maka pada bagian bawah dari papan gambar dilengkapi dengan dua buah kaki yang miring. Kaki dari papan gambar juga dapat berfungsi sebagai tempat kedudukan papan gambar.

Permukaan pada papan gambar harus rata akan tetapi yang jauh lebih baik jika permukaan papan gambar dilapisi dengan menggunakan kertas gambar putih tebal lalu dilapisi kembali dengan plastik bening yang cukup tebal pula. Mesin gambar merupakan alat yang dapat menggantikan fungsi dari alat-alat gambar lainnya seperti busur lingkaran, penggaris T, segitiga dan ukuran. Meskipun mesin gambar sudah dilengkapi dengan menggunakan dua buah mistar gambar yang saling tegak lurus dan dapat bergerak bebas pada saat menggambar, mistar gambar tersebut tetap dijaga kondisi dalam posisi tegak lurus. 

A0 dan A1 telah menunjukkan ukuran kertas gambar yang terbesar yang dapat dipergunakan pada papan gambar mesin. Daerah kerja merupakan luasan panjang dikali dengan lebar kertas gambar yang digunakan.

Untuk dapat mengatur tinggi rendahnya mesin gambar dapat dilakukan dengan menginjak pedal yang berada pada bagian bawah dari meja gambar. Agar mendapatkan posisi miring dari mesin gambar, dapat dilakukan dengan menarik handle yang berada di belakang papan gambar. 

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.
Load comments

Comments