Sistem / rangkaian sistem kelistrikan sepeda motor terbagi menjadi dua bagian utama:

Assalamualaikum, Wr, Wb, apa kabar kalian semua ? mudah - mudahan kabar kalian semua selalu dalam keadaan sehat walafiat, aammiinn.

Di kesempatan kali ini kita akan melanjutkan informasi terkait dengan sistem penerangan. Oleh karena itu, silahkan kalian simak dengan baik ya materi hari ini.

Sistem / rangkaian sistem kelistrikan sepeda motor terbagi menjadi dua bagian utama:

  • Kelistrikan mesin Kelistrikan mesin meliputi:
    • Kelistrikan yang mendukung hidupnya mesin yaitu sistem pengapian, sistem bahan bakar Injeksi
    • Sistem starter
    • Sistem pengisian
  • Kelistrikan body

Sistem kelistrikan body sepeda motor yang antara lain terdiri dari :

1. Sistem penerangan

Sistem penerangan sepeda motor adalah komponen standar yang harus dimiliki oleh sebuah kendaran seperti sepeda motor, karena hal tersebut sangat diperlukan untuk keselamatan pengendara dan orang lain. Adapun fungsi sistem penerangan adalah sebagai penerangan jalan kepada pengemudi dan orang lain untuk ketertiban dan keselamatan bersama

Yang termasuk komponen sistem penerangan sepeda motor antara lain:

a. Lampu Kepala (Head Lamp)

Lampu kepala terletak di depan kendaraan yang berfungsi sebagai penerangan jalan sekaligus agar terlihat posisi kita oleh orang lain terutama pada malam hari.
Secara prinsip konstruksi lampu kepala seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini

b. Lampu Kota

Lampu Kota disebut juga lampu posisi dinyalakan ketika mulai senja atu keadaan jalan belum gelap, dengan kata lain lampu kota ini juga berfungsi agar pengendaraan lain mengetahui keberadaan pengendara, pada umumnya lampu kota terdiri dari lampu kota bagian depan dan bagian belakang dimana sebagian besar sepeda motor lampu kota bagian belakang sekaligus difungsikan sebagai lampu plat nomer kendaraan. Daya lampu kota lebih kecil dibanding lampu kepala yaitu antara 7 – 10 watt dan selalu menjadi satu bola lampu dengan lampu rem untuk membedakan antara nyala lampu lampu rem dan lampu kota. Kaca lampu kota belakang berwarna merah karena nyala merah adalah sebagai tanda isyarat saat direm menandakan kendaraan mengurangi kecepatan atau akan berhenti.

c. Lampu Panel / Speedometer

Lampu panel berfungsi sebagai penerangan pada panel pengemudi antara lain penerangan speedometer, penerangan meter bahan bakar, temperature mesin. Daya lampu panel umumnya sama dengan lampu kota.

Setiap sepeda motor wajib memiliki sistem penerangan sepeda motor sebagai syarat keamanan dalam berkendara.

d. Rangkaian sistem penerangan

Rangkaian kelistrikan sistem penerangan dalam sepeda motor dapat dibagi menjadi:

Sistem penerangan AC dengan saklar utama lampu


Sistem penerangan AC langsung


Sistem penerangan DC
Demikian yang dapat kami sampaikan untuk materi hari ini mudah - mudahan materi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih.

0 Comments