Cara Melakukan Pemeriksaan Sistem Kelistrikan

Assalamualaikum, Wr, Wb - Apa kabar kalian semua mudah - mudahan kabar kalian semua selalu dalam keadaan sehat walafiat, aammiinn.
kesempatan kali ini saya akan menyampaikan kepada kalian semua lanjutan dari materi sebelumnya, yaitu sistem penerangan, dan disini bagaimana cara untuk melakukan pemeriksaan terhadap sistem kelistrikan.

Cara Melakukan Pemeriksaan Sistem Kelistrikan

Dalam melaksanakan pemeriksaan sistem kelistrikan sepeda motor yang dilakukan adalah melaksanakan pengukuran dengan alat visual yaitu lampu tester dan alat ukur multimeter yang mendapatkan data – data pengukuran berupa kontinuitas hubungan dan besaran tegangan atau arus pada sebuah komponen kelistrikan.

Berikut adalah salah satu contoh pengukuran dalam kelistrikan sepeda motor.


Untuk pengukuran/pemeriksaan kelistrikan sepeda motor langkah pertama adalah
  • menentukan komponen apa yang akan kita periksa diambil salah satu contoh pemeriksaan sensor CKP.
  • melihat posisi sensor ckp dan warna kabel yang berhubungan dengan sensor ckp di buku manual kendaraan bagian diagram pengkabelan, warna kabel yang didapatkan Kuning dan Putih/Kuning.
  • dilepas soket konektor 2P kemudian ukur besar tahanan dengan Ohmmeter antara kabel Kuning (+ alat ukur) dan Putih/Kuning (- alat ukur)


Pemeriksaan/pengukuran tegangan pada suatu komponen dapat pula dilakukan dengan Avometer atau Lampu tester. Sebagai contoh pengukuran/pemeriksaan Saklar Rem depan dan belakang sepeda motor Honda Beat FI: 

"Keyword : Materi 3"
  • Perhatikan diagram pengabelannya dan temukan komponen saklar rem, sekering dan lampu rem serta warna kabel penghubung rangkaiannya.
  • Pada rangkaian kelistrikan rem didapatkan hubungan antara sumber tegangan dari keluaran sekering dengan warna kabel Bl/Br (Hitam/Coklat) menuju ke saklar rem depan maupun belakang dengan keluaran saklar warna kabelnya G/Y (Hijau/Kuning) langsung menuju lampu rem (G/Y).

  • Lepaskan soket/konektor 2P pada saklar rem depan dan belakang kemudian ukur hubungan terminal termial pada saklar rem saat ditekan handel remnya
  • Gunakan Voltmeter untuk mengukur tegangan pada kabel Bl/Br pada soket konektor untuk saklar rem saat kunci kontak “ON”, tegangan terukur 12V dapat juga menggunakan Lampu tester yang menunjukan adanya tegangan dengan nyala lampu tester.
Untuk pengukuran/pemeriksaan komponen yang lain dapat dilakukan dengan pedoman buku manual kendaraan sesuai merk dan tipe kendaraan yang digunakan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk kalian semua, mudah - mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

0 Comments