Wordpress.com atau Wordpress.org, Mari kenal Lebih Dekat lagi

Kelashiro.com - Bagi kalian yang baru mengenal CMS WordPress ini, kami sangat yakin sekali kalau kalian akan menyangka CMS WordPress hanyalah wordpress.com. Namun, Faktanya tidak seperti itu, sampai saat ini WordPress menyediakan dua layanan: yaitu, WordPress.com dan WordPress.org.

a. WordPress.com

Mari kita mulai mngenal dengan Wordpress.com, Biasanya pelajar tingkat menengah yang akan diperkenalkan oleh gurunya ialah tentang bagaimana cara membuat blog dengan menggunakan WordPress.com. WordPress.com ialah sebuah platform Content Management System (CMS) diperuntukan untuk kalian semua yang ingin membuat website atau blog dengan sangat mudah. Kalian hanya perlu membayar jika kalian semua menginginkan untuk dpaat menggunakan fitur-fitur khusus ataupun menaikkan kapasitas layanan. Penggunaannya akan mirip dengan pembuatan website dengan blogspot, wix, atau weebly.

Pemeliharaan website kalian akan sepenuhnya dikelola oleh Automatic, perusahaan penyedia layanan WordPress.com. Penggunaan theme gratis, plugin, kapasitas disk sangat terbatas untuk versi gratis yang kalian gunakan. Kalian harus membayar sangat mahal untuk dapat menggunakan fitur-fitur esensial dalam pembuatan sebuah website di wordpress.com.

b. WordPress.org

WordPress.org atau orang banyak menyebutnya hanya dengan sebutan “WordPress” atau “WordPress Self Hosted” merupakan platform Content Management System (CMS) yang bersifat open source dan juga gratis. Kalian dapat menggunakannya pada web server yang kalian gunakan sendiri. Semua pengelolaan, pemeliharaan, dan kustomisasi menjadi tanggung jawab masing-masing dari para pemilik website. Dengan menggunakan WordPress Self Hosted ini kita akan lebih leluasa dalam mengontrol dan mengatur sedemikian rupa website kalian agar sesuai dengan apa yang kalian perlukan atau inginkan.

Hampir tidak ada batasan pada WordPress ini, kalian akan bisa menggunakan ratusan ribu tema dan plugin secara gratis. Tidak hanya itu, segala bentuk kebutuhan website akan jauh lebih mudah dan murah untuk dikelola.

Demikian Wordpress.com dam Wordpress.org, jadi saran dari kami mari menggunakan Wordprss.org agar kalian bisa kontrol dan atur sesuai kebutuhan yang kalian butuhkan.

0 Comments