Tips Memilih Domain

Kelashiro.com - Assalamualaikum, Wr, Wb apa kabar kalian semua ? Mudah - mudahan kabar kalian semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aammiinn. 

Baiklah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Tips Memilih Domain yang nantinya akan mnentukan masa depan Wesite kalian semua. Terdapat dua jenis domain yang dapat kalian gunakan, diantaranya yaitu Domain TLD dan domain ccTLD.

1. Domain TLD

TLD (Top Level Domain) ialah suatu akhiran yang ada pada domain seperti .com, .net, dan lain sebagainya tanpa adanya. TLD ini bersifat umum dan juga dapat digunakan oleh siapapun tanpa adanya persyaratan yang rumit dan menyangkut kewarganegaraan atau semacamnya.

2. Domain ccTLD

Tidak jauh berbeda dengan TLD yang sebelumnya sudah dijelaskan pada pengenalan Domain TLD, hanya saja perbedaanya itu terletak pada akhiran domain yang didasarkan pada kode dari masing - masing negara nya. Misalnya Negara kita Indonesia yang memiliki kode Negara dengan akhiran domain .id, atau amerika serikat yang memiliki akhiran domain .us dan lain sebagainya. Sehingga, sebagai contoh jika kita memiliki web sekolah yang berada di Indonesia jadi akhiran domain yang harus dimiliki yaitu *.sch.id

Tips Memilih Domain

Dalam penggunaanya, domain ccTLD seperti domain .id memiliki efek yang cukup bagus jika digunakan untuk website dengan pengunjung lokal Indonesia. Karena domain .id bisa dikatakan merupakan domain ccTLD terbaik untuk Indonesia. Jangan pernah gunakan domain ccTLD apabila website yang akan dibuat memiliki sasaran pengunjung luar negeri. Karena umumnya, domain ccTLD Indonesia akan dikesampingkan di penelurusan mesin pencari di negara lain.

Sedangkan untuk domain TLD, lebih baik pilih domain yang sudah populer seperti .com, .net, dan .org. Domain selain ketiga itu biasanya akan susah dihafal oleh orang-orang dan memiliki nilai psikologis ketertarikan yang rendah dibanding ketiga domain tersebut.

0 Comments