Pengenalan Lebih Lengkap Apa Itu Dividen ?

Kelashiro.com - Assalamualaikum, Wr. Wb, apa kabar kalian semua sahabat hiroes ? Mudah - mudahan kabar kalian semua selalu dalam keadaan sehat walafiat, Aammiinn..

Baiklah, pada kesempatan kali ini kita masih ngomongin masalah Bisnis nih, Nah, kalian tentunya akan sangat bersemangat bukan ? Jika, kita membicarakan hal ini ? Jika, memang kalian akan bersemangat dalam membicarakan hal ini maka langkah selanjutnya adalah kalian tetap fokus untuk membaca artikel ini.
Berikut ini, kita simak ya pembahasan tentang Deviden. Para investor didalam dunia investasi saham hal yang sangat bahagia adalah mendapatkan sebuah keuntungan dalam bentuk Deviden. Akan tetapi, kalian harus memahami apa itu deviden ya.

Deviden ialah bagian dari pada keuntungan perusahaan yang akan dibagikan kepada para pemegang sahamnya sesuai dengan jumlah dari kepemilikan kepada para pemegang saham didalam perusahaan yang ia pegang. Sederhananya ialah sewaktu perusahaan ini menghasilkan Laba periode setahun berjalan, sebagian dari pendapatannya ini akan dibagikan kepada para pemegang saham itu sendiri.

Penentu dari Hitungan Deviden
Deviden ini akan dibagikan secara merata untuk setiap sahamnya yang ada didalam perusahaannya. Secara nominal, setiap pemegang saham akan mendapatkan nilai yang sama, Akan tetapi jika kita akumulasikan pendapatan deviden ini tergantung kepada jumlah dari keseluruhan saham yang dimilikinya.

Berkenaan dengan deviden yang didapatkan,k perusahaan akan membahas dan menyepakati melalui rapat umum pemegang saham / RUPS terdapat 3 indikator penting yang digunakan perusahaan dalam menentukan nominal deviden, diantaranya ialah Laba Bersih, Deviden (payout ratio) dan saham beredar.

Dalam menghitung jumlah secara keseluruhan deviden yang dilakukan melalui mengalikan laba bersih dengan DPR. Dari nominal ini, maka proses selanjutnya ialah dengan menentukan jumlah devidennya yang diterima untuk setiap lembar saham. Caranya ialah dengan membagi jumlah deviden dengan jumlah saham yang beredar.

Jumlah Dividen = Laba Bersih x DPR

Dividen per saham = Jumlah dividen 

Jenis Dividen 

Keuntungan yang diterima oleh investor dalam bentuk dividen terbagi dalam beberapa jenis. Lima jenis Dividen yang paling umum ialah, Dividen Tunai, Dividen saham, dividen Properti, Dividen Janji Utang, dan Dividen Liquidating.

Dividen Tunai
Ini merupakan jenis yang paling umum, yang mana setiap para pemegang saham akan dapat menerima uang tunai dari perusahaan yang bersangkutan. Akan tetapi, penyaluran ini dapat dilakukan melalui transfer ataupun melalui cek.

Dividen Saham
Yang mana ini bisa juga disebut dengan bentuk saham sehingga jumlah kepemilikan saham investor mengalami peningkatan. Saham yang dibagikan ini merupakan saham baru yang diterbitkan oleh perusahaan.

Dividen Properti
Biasanya ini dikenal dengan dividen Aset, yang mana pembayaran keuntungan yang diberikan dalam bentuk barang. Artinya, perusahaan yang dapat membayar aset lain kepada pemegang saham, misalnya saja sekuritas investas dan real estat.

Dividen Jnji Utang / Skrip
yaitu pembagian yang dilakukan dalam bentuk pembayaran skrip milik pemegang sahamnya. Shingga akan dapat membuat perusahaan ini memiliki utang jangka pendek.

Dividen Liquidating
Yang mana pembagian dividen ini dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk pengurangan modal perusahaan.

Tanggal Penting Pembagian Dividen
Dalam prosesnya pembagian Dividen, investor ini perlu mencermati beberapa tanggal berikut ini. Pertama ialah tanggal pengumuman, yang mana sewaktu perusahaan menginformasikan bentuk dan jumlah dividen yang akan diberikan oleh perusahaan.

Kedua, tanggal pencatatan ini sewaktu perusahaan mulai akan mendata setiap nama pemegang saham yang memiliki hak dalam menerima dividen. Ketiga ialah tanggal cum dividen, yang mana ini terakhir perdagangan saham yang masih melekat hak untuk mendapatkan dividen.

Selanjutnya ialah tanggal ex dicviden yang mana sewaktu investor membeli saham diluar masa cum dividen sudah tidak bisa mendaftarkan namanya sebagai penerima dividen. Terakhir, yaitu tanggal pembayaran, yang mana pada tanggal ini perusahaan akan dapat membagikan dividen dan para investor akan mendapatkan hak untuk dapat mengambil dividen miliknya.

Resiko dan daya tarik dari Dividen
Walaupun dividen merupakan bagian daripada laba atau keuntungan dari suatu perusahaan, pembagian dividen harus dilakukan secara bijak dan juga penuh dengan pertimbangan. Pasalnya, dividen ini akan sangat mungkin menjadi risiko terhadap perkembangan bisnis suatu perusahaan, terutama perusahaan yang masih dalam tahap perkembangan.

Dalam hal ini, tidak jarang suatu perusahaan memilih untuk dapat menahan dan tidak membagikan dividen kepada para pemegang saham dengan alasan stabilitas keuangan dan penyelamatan terhadap perusahaan.

Sayangnya, keputusan untuk dapat menahan dividen seringkali menimbulkan konflik karena para pemegang saham yang merasa dirugikan dan kemudian memilih untuk menarik sahamnya kembali diperusahaan yang mereka investasikan.

Kalian juga perlu mengetahui kalau dividen ini sering menjadi representasi dari kondisi perusahaan. Jika, suatu perusahaan mampu dalam mengelola laba dengan baik dan membagikan dividen secara rutin setiap tahunnya, Hal ini dapat mengindikasikan kalau finansiaol perusahaan nya dalam kondisi yang baik hingga potensi kegiatan usaha yang dijalankannya juga semakin besar.

0 Comments