Perlengkapan Safety Pelindung Badan - Kelas Hiro

Tuesday, May 4, 2021

Perlengkapan Safety Pelindung Badan

Kelashiro.com -  Pelindung badan dipergunakan untuk melindungi diri agar tidak mengalami cedera akibat kerja. Dalam rangka menghindari dan memperkecil kemungkinan terjadinya keelakaan ataupun penyakit akibat kerja, maka tenaga kerja perlu untuk melengkapi dirinya dengan pelindung badan yang sesuai dengan apa bidang pekerjaannya yang ditekuninya serta persyaratan yang berlaku.

Pelindung badan yang harus dipergunakan pada pekerjaan konstruksi ialah seperti berikut ini :
  • Sabuk Pengaman atau dikenal dengan nama Safty Belt
Sabuk pengaman merupakan perlengkapan yang sangat diperlukan dan dibutuhkan terutama saat melakukan pekerjaan pada tingkat ketinggian lebih dari 3 meter.

Sauk pengaman ini dipasangkan pada pinggang layaknya ikat pinggang biasa dan mengikatkannya dibagian talinya kepada bagian konstruksi yang diperkirakan cukup kuat dan dapat menahan beban manusia, sehingga jika pekerja terpeleset tidak akan langsung jatuh namun dapat tertahan oleh sabuk pengaman sehingga akan terhindar dari kecelakaan yang lebih fatal.
  • Topi Keras atau dikenal Helm
Helm ini sangat berguna sekali untuk dapat melindungi kepala dari benturan benda - benda yang mungkin jatuh, oleh karena itu helm harus dipilh yang baik mutunya atau kualitasnya.
  • Sarung Tangan
Sarung Tangan dipergunakan untuk dapat menghindari hal yang tidak diinginkan dari kulit tangan dan dari luka akibat serpihan besi, batu - batuan tajam ataupun cairan yang tidak diinginkan. Penggunaan sarung tangan harus sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan.
  • Sepatu Kerja
Dipergunakan untuk melindungi kaki dari luka akibat terjepit, benda-benda tajam dan sejenisnya. Penggunaan sepatu juga harus sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan.
  • Pelindung Hidung atau Masker

Masker ini dipergunakan pada saat bekerja pada tempat - tempat yang berdebu atau yang mengandung unsur kimia seperti debu misalnya saja semen ataupun asam knalpot yang mana menimbulkan gangguan terhadap pernapasan.
  • Kacamata
Kacamata atau pelindung mata dipergunakan pada saat melakukan pekerjaan-pekerjaan khusus, misalnya saja : memecahkan batu, mengelas, meenggerinda dan lain sebagainya.
  • Pelindung Telinga
Harus dipergunakan pada lingkungan pekerjaan yang ising yang dapat menimbulkan gangguan pendengaran.
  • Pakaian

Yang dipergunakan juga harus dipilih yang mmana kira - kira tidak terlalu ketat juga tidak terlalu longgar. Pakaian yang terlalu ketat akan dapat menyulitkan saat memanjat. Namun pakaian yang terlalu longgar dapat tersangkut pada bagian-bagian tertentu sehingga akan bisa menimbulkan hal - hal yang tidak diharapkan. Pada peekerjaan khusus misalnya saja mengelas maka digunakan pakaian apron yang memang khusus dipergunakan untuk melindungi dari percikan api akibat mengelasnya.
Comments


EmoticonEmoticon