Tips Cara Merawat Transmisi CVT agar panjang Usia Pakainya - Kelas Hiro

Wednesday, April 28, 2021

Tips Cara Merawat Transmisi CVT agar panjang Usia Pakainya

Kelashiro.com - Kami yakin kalau kalian akan sangat merasakan yang namanya sebuah kenyamanan dengan menggunakan kendaraan yang bertransmisi CVT ? Jika jawabanya Iya maka disini akan kami sampaikan kepada kalian semua tentang cara merawat transmisi CVT.

Transmisi yang tidak menggunakan gearbox ini maka akan lebih ringan memang sangat digemari oleh mereka para pengguna kendaraan khususnya Roda Empat, dan apalagi mereka yang baru banget belajar mengendarai roda empat ini. Namun, kalian juga perlu mengetahui kalau usia dari transmisi ini cenderung lebih pendek dari yang biasanya.

Banyak sekali keuntungan dari transmisi CVT ini, misalnya saja tarikannya lebih ringan tanpa adanya hentakan saat hendak akan memindahkan gigi, hemat konsumsi bahan bakar (BBM) sampai dengan ramah lingkungan. Nah, disini akan kami sampaikan kepada kalian semua supaya usia dari transmisi CVT ini menjadi lebih baik lagi.

Umur Transmisi CVT

Jika, transmisi lainya memiliki usia belasan hingga puluhan tahun, terutama yang menggunakan transmisi manual, tidak untuk Trnasmisi CVT. Transmisi yang dikenal lebih nyaman saat digunakan ini ternyata memiliki kekurangan yang sangat merepotkan dan menguras kantong pemiliknya yaitu usia pakai dari transmisi ini cenderung lebih pendek jika dibandingkan dengan yang Manual.

Sebetulnya, tidak disebutkan secara resmi berapa lamanya transmisi CVT ini bisa bertahan. Akan tetapi, pengendara dan teknisi meng highlight kalau usia dari transmisi CVT ini bertahan hingga lima tahun saja.

Pendeknya usia transmisi CVT ini sebetulnya cukup wajar. Hal ini dikarenakan, semakin canggihnya sebuah teknologi dari transmisi, makin kompak perangkatnya dan makin ringan serta halus sewaktu dikendarai, secara umum maka transmisi ini memiliki usia yang pendek dan biaya perawatan dan pergantian partnya pun tergolong lebih mahal dari Manual.

Cara Merawat Tansmisi CVT

Namun, semua masalah ini pasti ada sebuah solusi, jika kalian khawatir terhadap kendaraan yang menggunakan transmisi CVT ini cepat rusak, tentunya rawat kendaraannya dengan sebaik mungkin. Nah, bagaimana cara merawatnya.

Satu hal yang sudah dipastikan ialah kalian harus memiliki semua aturan yang dituliskan oleh pabrikan kendaraan kalian misalnya saja dengan ajin mengganti oli supaya mesin tansmisi VT tetap memiliki kualitas yang baik. Biasanya, penggantian oli pada tansmisi CVT disarankan setiap kelipatan mencapai 30.000 kilometer.

Akan tetapi, kelipatan ini tidak berlaku lagi jika kalian tinggal didaerah yang cenderung selalu panas dan memiliki tingkat intensitas debu yang tinggi hal ini seharusnya dilakukan pergantian oli lebih awal lagi.

Tips Agar Usia Transmisi CVT lebih panjang

Supaya kalian bisa menjaga kesehatan biaya dan tidak sering melakukan service untuk kendaraan kalian, berikut ini supaya transmisi CVT kendaraannya jauh lebih panjang.

  • Dilarang menggunakan kendaraan untuk mengangkut beban yang berat. Lakukan penyesuaian secara umumnya saja.
  • Kendaraan dengan Transmisi CVT memang di buat untuk dapat melewati medan yang lurus dan lancar sehingga jangan terlalu sering menggunakan kenadaraan ini di medan yang terjal dan menanjak.
  • Lakukan konsultasi dengan bengkel yang terpercaya jika ada kendala dengan kendaraan kalian silahkan langsung lakukan perawatan.
  • Lakukan pengecekan pada Transmisi dan Mesin kendaraannya agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.
  • IIkuti manual Book yang diberikan oleh Pabikan dari kendaraannya.
Demikian yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua. Mudah - mudahan informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Aammiinn.

Comments


EmoticonEmoticon