Menggunakan VLC Sebagai Webcam, Mengapa Tidak ? - Kelas Hiro

Sunday, April 18, 2021

Menggunakan VLC Sebagai Webcam, Mengapa Tidak ?

Kelashiro.com - VLC Media player siapa yang tidak mengetahui aplikasi media player ini yang sudah sangat booming. Banyak dari para pengguna Aplikasi biasanya untuk Video Player mereka menggunakan aplikasi yang satu ini.
Oia, selain VLC digunakan sebagai Pemutar Video ataupun Pemutar Musik maka VLC juga bisa digunakan untuk dapat mengambil gambar dari kamera yang sudah terhubung dengan perangkat yang kita gunakan lho, mengambil disini bukanlah mengcapture atau merecord ya, melainkan untuk melihatnya secara live.

Oke, jika kalian penasaran berikut ini langkah - langkah yang sudah kami rangkum untuk kalian semua. 

Langkah 1. Pertama siapkan dulu webcamnya yang terhubung dengan PC ataupun Laptop kalian.

Langkah 2. Selanjutnya ialah kalian buka VLC nya.
Langkah 3. Didalam VLC Media Player, selanjutnya kalian klik Media lalu Open Capture Device.
Langkah 4. Disini pada bagian Video device name, silahkan kalian pilih kamera yang akan kalian gunakan.
Langkah 5. Dibagian Advance Options, kalian bisa menyesuaian aspect ratio defaultnya ada di 4:3, silahkan kalian sesuaikan ke 16:9 untuk mendapatkan tampilan widescreen.
Langkah 6. Jika sudah selesai maka kalian klik saja Play, dan Kamera akan secara otomatis terbuka.
Baiklah kalian juga mesti mengetahui kalau disini ada kekurangannya yang mana setelah beberapa menit berjalan atau beroperasi, video akan menampilkan sedikit delay antara gerakan yang kita lakukan dan apa yang sedang ditampilkan di layar VLC nya. Akan tetapi hanya untuk percobaan dan iseng saja, hasil yang di tampilkan akan sesuai dengan kenyataan.

Oia, jika kalian ingin mengambil Gambarnya juga bisa, yaitu dengan cara menggunakan fitur Snapshot yang ada di VLC, kalian cukup dengan klik pada Video lalu Take Snapshot.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Mudah - mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Aaammiinn.
Comments


EmoticonEmoticon