Bagian 3 - Pengenalan Vaiabel di Java - Kelas Hiro

Tuesday, March 23, 2021

Bagian 3 - Pengenalan Vaiabel di Java

Kelashiro.com - Disini kita akan membahas tentang Pengertian Variabel pada Java beseta dengan penjelasannya serta peneapannya. Penggunaan vaiabel pada java sama hal nya dengan penggunaan pada pemeograman yang lainnya. Misalnya saja, php, javascript, Jquery dan lain sebaginya. Akan tetapi dalam penulisannya bebeda - beda tiap bahasa pemeograman.

Pengertian Vaiabel pada Java ialah tempat yang dipegunakan untuk dapat menyimpan data dalam bahasa pemerograman java. Dalam memahami vaiabel ini tentunya kalian harus paham tipe data. Dikarenakan dalam penggunaan variabel selalu diawali dengan tipe data yang akan dipergunakan. 

x = 10000, y = 9000, z = x-y;

tentunya kalian juga pernah mempelajari matematika ya kan ? jika ia maka seharusnya paham, yang ingin kami perjelas ialah yang mana variabelnya. Seperti yang sudah di sapaikan diatas tentang variabel, maka contoh kali ini menjadi X,Y, dan Z. Sedangkan 10000,9000 ini lah nilai dari variabel x dan y.

Didalam penulisan variabel pada java selalu diikuti dengan tipe data, untuk tipe datanya sendiri menggunakan int, char, dsb.
//penulisan variabel pada java
tipe_data nama_variabel=nillai;
//atau
tipe_data nama_variabel;

Contoh ini dapat kita lihat bahwa didalam variabel yang dapat menambahkan langsung nilainya ataupun mengosongkan nilainya. Akan tatapi pada variabel yang nilainya kosong kita langsung menggunakan semocolon (;).

Perhatikan ya.

public static void main(String args[]){

//variabel dengan tipe data int

int x=10000,y=9000,z=x-y;

System.out.print("nilai z = "+z);

}

} 

Nah, bagaimana ? Mudah bukan ? jika mudah alhamdulilah, jika kalian belum memahaminya maka kalian bisa langsung membaca lagi dari awal ya agar bisa dan mudah dipahami atau dimengerti ya.

Terima kasih sudah datang dan berkunjung di Blog sederhana kami. Mudah - mudahan informasi ini bisa berguna. Oia, variabel yang kami gunakan ini dengan tipe int, dan nama variabelnya ialah x, y dan z. dan hasilnya saudah ada di bawah ya.

Comments


EmoticonEmoticon