Bagian 2 - Pengenalan Dasar Java - Kelas Hiro

Tuesday, March 23, 2021

Bagian 2 - Pengenalan Dasar Java

Kelashiro.com - Hmmm, dikesempatan kedua ini kami akan membahas tentang belaja dasa java, yang mana meliputi pembuatan aplikasi petama dan penulisan syntax dai javanya. Dalam membuat aplikasi java ini kalian harus memilih IDE atau dikenal dengan Text Editor yang lebih efektif, tujuannya tentu untuk memudahkan dalam pesan error dalam syntax java yang sedang kita tuliskan.
IDE yang kami rekomendasikan ialah netbeans dan eclipse. Dikesempatan kali ini kami menggunakan eclipse ya. Oia bagi yang belum punya aplikasi nya mangga bisa kalian langsung download secara Gratissss.

Download : 
Oke, setelah kalian download dan lakukan installasi, maka kita lanjut untuk membuat sebuah project yaitu dengan membuat aplikasi pertama dengan java. Langkahnya ialah.
  • Silahkan buka IDE yang dipergunakan. Disini kita menggunakan Eclipse ya. Dan klik File - New - Java Project.
  • Langkah selanjutnya adalah akan muncul kotak Form yang mana disini digunakan untuk mengisi nama Project yang hendak akan dibuat. Berikut dengan direktori penyimpanannya yang hendak digunakan.
  • Selanjutnya adalah kaliak klik tombol finish, jika memang sudah selesai ya. Langkah beikutnya adalah dengan menuliskan fungsi atau printah javanya.
  • Cara untuk dapat membuat kelas di java yaitu dengan cara Klik kanan pada File Projectnya, lalu kalian pilih New dan Pilih Class.

  • Lalu, kalian bisa isikan nama classnya yang hendak akan dibuat. Misalnya disini kami memberikan namanya main , dan di bawahnya ada pilihan modifiers, yang mana pilihannya ini akan memberikan pilihan untuk kita.
Nah, yang sudah kami beikan kotak ini, merupakan project yang sudah siap dengan pakagenya dan classnya juga sudah ready untuk kita buat. Tinggal kita menambahkan printah pada lass main.java.

Syntax yang ada di kanan ini meupakan syntax yang pertama sudah ada sewaktu kita membuat sebuah pojet java dengan menggunakan text edito elipse ini.
package hiro01;

Syntax ini merupakan lass main.java yang bisa kita buat berada dalam pakage hiro01. yang mana pakage demo ini akan tebuat dengan sendiinya, seaktu kalian menggunakan class untuk pojet hiro01 ini, untuk pakagenya sendii bisa juga dibuat seaa manual.

public class main {

}

Printah inimenginformasikan kepada kita kalau lass main ini dapat diakses oleh class yang lain, bahkan class ini juga bisa di akses diluar dari pakage sendiri. Jika kita menjalankan aplikasi hiro01 ini maka eclipse tidak akan dapat berjalan , hal ini disebabkan belum adanya main classnya. Jadi pada intinya elipse ini betanya lass yang pelu kami jalankan. Jadi kita perlu membuat main classnya dulu.

Beikut ini kita akan menoba untuk menambahkan kode tambahan agar aplikasi ini ada yang bisa ditampilkan . Cek ya syntaxnya :

package hiro01;

public class main {

public static void main(String args[]){ 

    system.out.print("halo sahabat hiroes"); 

fungsi dari public static void main (string args []) disini ialah menjelaskan suatu metode tertentu. Main pada baris kedua berbeda dari main pertama, yang mana main baris awal ini merupakan nama dari aplikasinya, Namun untuk main yang kedua ini ketetapan karena java akan mencari metode yang bernama main ini sebagai awal eksekusi dari program.

Mari kita coba menjalankan aplikasi ini, yaitu dengan cara sebagai berikut ini.

Sssst, Alhamdulilah selesai bukan, dan mudah bukan sahabat Hiroes ? Jika mudah alhamdulilah, dan sekarang yang perlu kalian perhatikan ialah setiap penulisan syntax dari java selalu diakhiri dengan tanda ; atau di sebut dengan semicolon.

Mudah - mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Aammiinn. 
Comments


EmoticonEmoticon