Bagian 1 : Belajar Installasi dan Pengenalan Java - Kelas Hiro

Tuesday, March 23, 2021

Bagian 1 : Belajar Installasi dan Pengenalan Java

Kelashiro.com - Assalamualaikum, W. Wb , apa kaba kalian semua sahabat Hiroes ? Mudah - mudahan kabar kalian semua selalu dalam keadaan sehat walafiat, Aammiinn..

Java merupakan salah satu pemerogaman yang paling banyak diminati oleh para programmer. Pemerograman java ini tidak kalah dengan bahasa pemerograman yang lainnya misalnya saja PHP, Visual Basic dan lain sebagainya yang kalian kenal. Lalu apa yang bisa di buat dengan menggunakan Java ?.
Banyak sekali tentunya, dengan Java kalian akan bisa membuat Aplikasi seperti Aplikasi Dekstop, Mobile Android, dan juga web yang bisanya java pada bagian backendnya. Yuk kita mulai fokus dan belajar agar menjadi seorang yang professional.

Disini kami akan mencoba untuk melakukan postingan dari awal, pada bagian kali ini kita akan menyampaikan kepada kalian tentang proses installasi java. Dan yang harus kalian siapkan ialah.
  • java JDK yang bisa kalian unduh disini
Java JDK ini dipergunakan untuk kita mencompile aplikasi yang hendak akan dibuat.
  • text editor. 
Kalau ini sudah sangat jelas sekali kalian akan menemukan banyak macamnya. Misalnya saja Sublime, Notepad++ dan masih banyak lagi tentunya.

Oke, silahkan kalian download terlebih dahulu Java nya yang sudah kita sediakan di atas linknya. Cara installasi tentunya masih umum seperti installasi pada umumnya, hanya saja nanti kita akan melakukan penyetinggan saat kita akan mencompile aplikasi nya dengan command line.

Untuk mengecek apakah aplikasi java JDK sudah terinstall maka kita menggunakan CMD atau disebut dengan Command Line. Caranya yaitu :
java -version

Maka akan muncul seperti ini.


Nah, kalau sudah seperti itu maka kalian akan mengetahui apakah java sudah terinstall dan juga mengecek versi dari java jdknya.

Selanjutnya adalah kalian lakukan Penyettingan terhadap java JDK di Windowsnya dengan cara :
  • Silahkan klik kanan pada kompoter kalian dan pilih properties, maka akan muncul seperti ini.

  • Maka langkah selanjutnya adalah dengan klik Advancedsystem setting.
  • Oia, jika kalian sudah klik Enviroment Variables, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya adalah tinggal klik New ya...
  • Selanjutnya kalian tinggal mengetikkan dan juga tinggal Searh saja, dengan mengisi kolom Variable Name : JAVA_HOME dan juga variable value isikan dengan direktori instalasi dari java jdknya.
  • Dan Simpan.
Semua ini merupakan tujuan dari hak akses kita terhadap file yang ada di direktori yang sudah ditetapkan dengan menggunakan command line.

Untuk itu ketikkan keberhasilannya dari path enviroment yang dilakukan maka dengan menggetikkan printah di command line atau cmdnya. Dengan :
javac

Dengan kalian mengetikkan printah ini maka salah satu dari file yang dipergunakan akan meng-compile java, file ini berada dalam folder yang dimasukan kedalam path enviroment tadi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua. Mudah - mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Aammiinn.

Comments


EmoticonEmoticon