Apa itu WordPress ? Manfaat serta Pengertian WordPress

Kelashiro.com -  Assalamualaikum, Wr. Wb , Selamat malam, apa kabar kalian semua ? Bagaimana ? Mudah - mudahan kabar kalian semua selalu dalam lindungan ALLAH S.W.T, dan tetap di berikan kesehatan dan keselamatan selalu, Aammiinn.

Jika kalian ingin membuat sebuah Website, terdapat berbagai cara dan juga platform yang bisa kalian pergunakan. Ada cara menual dengan menggunakan coding HTML. dan ada pula yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan CMS atau Content Management System.

CMS memudahkan kita semua dalam membuat sebuah website tanpa perlu yang namanya memahami coding. Terdapat beberapa CMS untuk membuat Website dan WordPress merupakan salah satu dari CMS. Pada kesempatan kali ini ijinkan kami untuk membahas tentang WordPress.

Pengertian WordPress

Apa itu WordPress ? WordPress merupakan platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan juga Mike Little ditahun 2003. Sejarah WordPress diawali dengan ditutupnya software blogging dengan nama b2 atau cafeblog, Matt dan Mike ini sebagai pengguna dari b2 atau cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa. 

Ditahun 2004, keduanya berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasarr yang dimiliki oleh b2/cafeblog yang sudah dimodifikasi. Sejak saat itulah perjalanan WordPress dimulai hingga menjadi CMS yang sangat Fenomenal dan di kenal diseluruh dunia.

Yang menarik dari WordPress iala Software yang sifatnya Gratisatau Open Source. Hal ini dimaksudkan untuk bebas dalam modifikasi oleh siapapun itu. Selain itu juga, WordPress menyediakan plugin yang dapat memudahkan penggunanya untuk bisa menambahkan Fitur dengan klik saja.

WordPress CMS Populer

Dengan banyak nya Fitur dan kemudahan menjadikan WordPress ini sebagai pembuat website favorite di seluruh dunia. CMS WordPress merupakan Platform yang dibalik pembuatan 30% website diseluruh dunia dan menjadikannya sebagai CMS Populer.

WordPress merupakan bukti kalau software Gratis tidak lantas menghasilkan website murahan dan kualitas yang rendah. Buktinya WordPress digunakan oleh beberapa perusahaan besar misalnya saja Sony Music, Bata, Walt Disney Company dan lain sebagainya.

Pesohor dunia juga menggunakan WordPress dalam website mereka. Misalnya Katty Perry, Usain Bolt, Beyonce. Artinya adalah WordPress merupakan website dengan kualitas yang tinggi diseluruh dunia. dan mungkin kalian merupakan pengguna berikutnya. 

Mengapa menggunakan WordPress ?

Jika, kalian sudah memahami dengan baik informasi diatas, maka kalian juga perlu untuk mengetahui kenapa dan mengapa menggunakan WordPress ?
  • Ramah untuk mereka Pemula
Kelebihan ini merupakan hal yang sangat mendasar sekali dan artinya adalah setiap orang bisa menggunakan WordPress. Kalian tidak perlu yang namanya ahli dalam Programming dan bisa membuat Website Profesional dengan WordPress ini.
  • Banyaknya Komunitas
Seperti yang sudah disampaikan kalau 30% website didunia ini dibuat dengan bantuan dari WordPress. Angka inilah yang membuat WordPress sebagai pemegang market share terbesar di platform pembuatan website.

Para pengguna WordPress membuat forum diskusi untuk berbagi insight dan ilmu terbaru mereka tentang cara membuat Website dengan WordPress dan Optimasinya. Bagi kalian yang baru hendak akan mulai ? Kenapa tidak karena WordPress ini merupakan CMS terpopuler.
  • Banyak Tutorialnya
Tidak sampai disana saja, kalian juga bisa belajar tentang cara membuat Website dengan WordPress dan mengoperasikannya dengan tutorial WordPress yang sudah tersebar di Internet. Kalian bisa belajar dengan Video, atau Artikel.
  • Banyak Plugin
Oia, WordPress juga menyediakan banyak Plugin yang bisa kalian gunakan. Misalnya saja Media Sosial untuk kalian bisa melakukan sharing disana.

Kelebihan ini jarang sekali ditemukan di CMS lainnya.
  • Banyak Tema
Tidak hanya Tutorial dan Plugin saja yang banyak. Tema juga sangat banyak sekali yang sudah tersebar di internet. dan ada Tema yang berbayar atau Gatis.

Kekurangan WordPress
  • Keamanan
Wordpress dipergunakan lebih dari 30% oleh website diseluruh dunia, dan semakin hari kian semakin bertambah seta tingkat keamanannya pun mulai teancam oleh paa Haker dan DDOS. Namun, kalian juga pelu ketahui untuk bisa mencegahnya maka kalian membutuhkan Plugin lain untuk meningkatkan tingkat keamanan dai website kalian.
  • Dukungan pihak ketiga
Kalian akan dapat memilih banyak Tema dan juga Plugin untuk WodPress dari bebagai situs yang ada di intenet. Namun, pelu kehati-hatian dalam memilihnya hal ini disebabkan untuk terhindanya hal yang tidak diharapkan. Ingat lihat Review dari banyaknya Penilaian.
  • Kecepatan
Hal ini disebabkan Plugin yang tesedia dikaenakan tekadang dalam proses pemasangan tidak memperhatikan dampak yang ada. Hal ini lah yang membuat paa user harus bijak dan tetap menjaga peforma blog nya.

Jenis WordPress

Sudah cukup yakinkah kalian untuk menggunakan WordPress ? jika kalian sudah yakin maka hal lain yang harus kalian ketahui ialah terdapat 2 jenis WordPress yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Mengapa hal ini sangat penting, dikarenakan keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda.

Sederhananya, WordPress.com ialah versi gratis dan WordPress.org ini berbayar. Nah, kok bisa ya ? biaya ini digunakan untuk kalian membeli software WordPress, melainkan untuk menyewa hosting dan Domain.

Ingat ya ketentuan dari WordPress itu " There is no such a thing as free lunch. , nah ada extentsi domain default, kapasitas disknya sangat terbatas, pilihan tema, tidak ada plugin, tanpa toko ONLINE hingga tidak bisa memasang iklan.

Berbeda dengan WordPress.org yang mana akan memberikan kalian kebebasan dalam melakukan modifikasi lebih banyak dibandingkan dengan WordPress.com. Kalian juga bisa memasang plugin, pilihan temanya juga sangat berlimpah, bisa membuat toko online, dan juga kalian bisa mendapatkan iklan AdSense.

Manfaat WordPress

Diawal kemunculannya, WordPress memang lebih dikenal dengan platfom pembuatan blog saja. Akan tetapi, dalam perkembangannya WordPress semakin canggih. Website apa saja yang bisa kalian manfaatkan dari WordPress, berikut ini Penjelasannya.

1. Blog dan Website Pribadi
Dengan ini kalian akan bisa menggunakannya sebagai Blog Pribadi baik itu WordPress.com ataupun WordPress.org. Jika kalian menggunakan WordPress.com dan ingin lebih banyak Fitur kalian bisa lakukan Migrasi ke WordPress.org.

2. Website Toko Online
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya kalau WordPress.org ini bisa kalian jadikan Toko Online, berbeda dengan WordPress.com yang mana masih memiliki Plugin yang sedikit. 

WooCommerce memungkinkan kalian akan bisa membuat website toko online secara lengkap, dari display produk sampai dengan pembayaran. WooCommerce telah diunduh 53 juta kali dan menjadi plugin toko Online terfavorit didunia. 

3. Website Perusahaan
Selain Blog, kalian juga bisa membuat website perusahaan menggunakan WordPress. Website berguna untuk membangun kredibilitas perusahaan kalian di dunia maya. Hal ini berlaku baik untuk perusahaan yang transaksinya dilakukan secara online ataupun offline.

WordPress merupakan solusi kalian dalam membuat Website.
Diakhir ini kalian sudah memahami secara lengkap tentang WordPress. WordPress merupakan solusi terbaik untuk kalian membuat website baik bagi yang awam maupun developer. Kalian bisa membuat website dengan cepat, mudah, dan tanpa perlu memiliki pengetahuan lengkap tentang coding. Kalian juga tidak perlu khawatir meskipun kalian belum pernah menggunakan WordPress sama sekali sebelumnya.

Banyak sekali tutorial di Internet. jadi kalian bisa langsung mencarinya dengan keyword melalui Google.

0 Comments