Penjelasan Micrometer - Kelas Hiro

Monday, February 1, 2021

Penjelasan Micrometer

Kelashiro.com - Assalamualaikum, Wr, Wb, Apa kabar kalian semua sahabat hiroes ? Mudah - mudahan kabar kalian semua sangat baik dan tentunya selalu di berikan perlindungan dan kemudahan oleh ALLAH S.W.T, Aammiinn .

Baiklah sebetulnya pemberian materi ini sudah telat dan penjelasannya saya rasa juga sudah banyak yang menjelaskan namun, sebagian dari mereka masih ada yang kebingungan dan masih juga belum mengetahuinya, dengan demikian kalian sudah tepat sekali datang kesini dan tepat sekali untuk mendapatkan informasi disini, mudah mudahan bisa bermanfaat kedepannya untuk kalian semua, berikut ini kami akan membahas dari dasar kepada kalian semua tentang " Micrometer ".

Banyak yang bertanya, apa sih Micrometer itu ?

Micrometer adalah alat ukur mekanik yang biasanya kita gunakan untuk mengukur ketebalan sebuah benda , artinya adalah pengukuran dengan menggunakan alat ukur mikrometer disebut dengan Diameter. walaupun kita sudah mengetahuinya kalau alat ini digunakan untuk mengukur benda yang Mikro atau yang kecil.

Lalu apakah dalam pembacaanya sulit ?

Jika, kita mau menoba dan terus berlatih pasti tidaklah sulit untuk dibaca alat ukur ini, karena sebagian dari mereka yang sudah mengetahuinya saat diberikan penjelasan dan contoh 1 sampai 3 x cara pembacaanya mereka akan langsung bisa konek atau paham. Garis besarnya mereka menganggap membaca mikrometer tidak lah sulit hal ini disebabkan memang untuk alat ukur yang satu ini tidak lah sulit dalam membaca dan cara menggunakannya.

Kami akan memberikan penjelasannya di materi selanjutnya kalian bisa langsung menyimak materinya dan langsung bisa mencoba mempaktekkannya. kami yakin kalian juga pasti bisa. dan yang pelru kalian garis bawahi atau kalian tekankan saat pembacaan ialah tingkat ketelitian dan kejelian mata kalian semua.

Micrometer juga memiliki keakuratan yang sangat tinggi sekali karena memiliki tingkat presisi 10x lipat dari pada alat ukur mekanik lainnya yaitu Jangka Sorong . Artinya adalah alat ini bisa kita pergunakan jika ingin mengukur benda yang kecil dan tentunya degan tingkat presisi yang baik. Jadi tidak heran karena micrometer memiliki tingkat ketelitian 0,01 mm. 

Setelah kalian mengetahui semuanya, maka saat ini kita akan mulai mengenal bagian-bagian yang terdapat pada micometer. Berikut ini akan kami sampaikan kepada kalian semua.

Bagian - Bagian yang terdapat di alat ukur micrometer ini adalah sebagai berikut ini.
  • Frame
  • Anvil
  • Spindel
  • Lock Clamp/Nut
  • Thimble
  • Ratchet
Oke, setelah kalian sudah mengenali bagian - bagian dai micromete, lalu kita coba akan menjelaskan mana sekala utama dan mana skala noniusnya, berikut ini akan kami sampaikan kepada kalian semua.

Skala utamanya kita bisa lihat di bagian Sleeve nya, lalu yang selanjutnya adalah Skala Noniusnya tedapat pada bagian Thimble nya. Dengan demikian kalian semua sudah mengetahui tentang bagaimana yang dimaksudkan dengan Skala Utama dan Skala Noniusnya.

Skala Utama 

Skala utama dari mikrometer terdiri dari angka 1,2, 3, 4 dan 5 mm sampai dengan seterusnya. sedangkan untuk bagian bawahnya/tengahnya dari skala utama yaitu 1.5, 2,5. 3,5 dan seteusnya.

Skala Nonius 

Skala nonius dai mikometer yaitu 1 sampai dengan 50 mm Setiap kali nonius ini beputar mundur 1x maka skala utamanya bisa mencapai 0,5 mm jadi bisa kita simpulkan kalau dipeoleh 1x putaan itu 1/100 artinya ialah 0,01 mm.

Untuk materi selanjutnya kalian bisa cek di postingan selanjutnya. Mudah - mudahan informasi ini dapat membantu kalian semua dalam pembelajaran, Aammiinn.

Comments


EmoticonEmoticon