Budaya Lokal Cara Bermain Panggal - Kelas Hiro

Monday, January 25, 2021

Budaya Lokal Cara Bermain Panggal

Kelashiro.com - Assalamualaikum, W. Wb, apa kaba kalian semua ? Mudah - Mudahan kabar kalian semua dalam keadaan sehat walafiat, Aammiinn .. 

Oke, pada kesempatan kali ini kami akan melakukan shaing tentang Budaya Lokal yaitu tentang Permainan Panggal. 

Cara Melempar Panggal 

Cara melemparkan panggal di mulai dari melilitkan salah satu ujung tali pada salah satu jari, ujung tali lainya kemudian dililitkan dengan rapih ketubuh panggal yang dimulai dari bawah (paku) terus dililitkan hingga atas sampai menutupi sebagian besasr (sekitar 75%) tubuh panggal. Setelah panggal dililit tali, kemudian panggal tersebut dilemparkan. Ketika panggal dilemparkan, ujung tali (yang melilit jari) harus tetap berada pada tempat yang sama, lalu lakukan penarikan dengan tangan agar tali yang melilit gasing panggal terlepas dan memutarkan gasing panggal yang mendarat di atas tanah dengan posisi paku berada dibawah.

Setelah pandai dan mengerti tentang aa melempar gasing atau dikenal dengan nama panggal selanjutnya bermain panggal secara kompetitif, permainan sederhana dari kompetisi bermain panggal adalah lomba ketahanan, siapa yang bertahan atau berputar paling lama dinyatakan menang, adapun permainan gasing atau panggal ini dengan cara rarajaan yaitu dengan membuat sebuah lingkaran diatas tanah dengan cara menggoreskan tanah dengan batu ataupun kayu, selanjutnya menentukan para pemain sebanyak enam orang.

Dan selanjutnya adalah tinggal bemain gamenya, dengan cara melakukan siapa yang menjadi raja dan siapa yang menjadi patih, kutik nya. Dengan demikian pemainan akan sangat menyenangkan sekali.

Berikut ini adalah Materi dari Budaya Lokal, mudah - mudahan materi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua dan kedepannya bisa lebih baik lagi, intinya adalah mai kita lestarikan budaya lokal Kabupaten Karawang.

1 comment:


EmoticonEmoticon