Apa Itu Sumpah Pemuda 1928 ? - Kelas Hiro

Sunday, January 24, 2021

Apa Itu Sumpah Pemuda 1928 ?

Kelashiro.com - Assalamualaikum, Wr. Wb, Apa kabar kalian semua ? Mudah - mudahan kabar kalian semua dalam keadaan sehat walafiat, Aaammmiinn .

Oke, pada pertemuan senin kedua ini kita masih membahas tentang Bela Negara, Nah, bela Negara yang kita bahas adalah tentang Sumpah Pemuda 1928. Apa itu Sumpah pemuda dan untuk apa sih sumpah pemuda itu ? Berirkut ini akan kami jelaskan kepada kalian semua, silahkan untuk di baca dengan baik ya.

Sumpah pemuda lahir pada saat Kongres II yang diselengarakan pada tanggal 27 sampai 28 Oktober tahun 1928 yang bertempat di Jakarta pada saat itu namanya adalah Batavia. Dengan Latar Belakang yang berbeda - beda baik secara Suku, Ras dan Agamanya.

Sumpah pemuda adalah awal kebangkitan Nasional Indonesia, yang mana terdahulunya banyak organisasi - organisasi perjungan kemerdekaan yang masih umumnya bersifat kedaerahan dan berjalan secara sendiri - sendiri setelah terbentuknya sumpah pemuda di ikrarkan maka semangat kedaerahan melebur menjadi satu kekuatan dari titik awal untuk kemerdekaan Indonesia.

Pidato Moh. Yamin didalam Konges II menyatakan kalau persatuan harus dibangun atas kesamaan bahasa yang tunggal. yang mana Bahasa Melayu lama - kelamaan menjelma menjadi bahasa Indonesia. Sumpah pemuda menegaskan bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Berdasarkan pada Kongres II ini bahasa Indonesia resmi menjadi bahasa pemersatu Bangsa.

Sumpah pemuda di ikrarkan di gedung Indonesische Clubgebouw Jl. Kramat Raya nomor 106. yang mana disinilah dibacakan sumpah pemuda. Tempat lahirnya sumpah pemuda ini merupakan tempat kos Mahasiswa.

Untuk lebih jelasnya silahkan kalian bisa simak video berikut ini.

Comments


EmoticonEmoticon