Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Proses dan Prinsip Kerja Motor Bensin

KelasHiro, Karawang - Kendaraan Sepeda Motor yang sistemnya motor bensin 4 tak yang konstruksinya terdiri atas : Katup Hisap, Katup Buang, Cylinder, Piston, Ring Piston, Connecting Rod, Crankshaft, dan roda penerus.
Skema Motor 4 Tak
Didalam motor bensin bahwa campuran antara udara dan bensin dibakar untuk memperoleh tenaga panas. Perubahan tenaga panas menjadi tenaga gerak atau mekanik dapat dijelaskan sebagai berikut ini.

Sewaktu Katup Hisap membuka maka akan ada campuran udara dan bensin masuk melalui saluran dari Katup Hisap ke dalam Cylinder. Selanjutnya adalah campuran udara dan bensin dimampatkan atau dikompresi dengan Piston yang bergerak menuju ke TMA (Titik Mati Atas) kemudian terbakar. Gas panas hasil pembakaran yang memiliki temperatur dan tekanan yang tinggi lalu akan mendorong Piston ke Titik Mati Bawah atau TMB. Pergerakkan Piston diteruskan oleh Connecting Rod menuju Crankshaft untuk dirubah menjadi gerak berputar.

Ketika Katup buang membuka selanjutnya gas panas setelah mendorong Piston, dibuang keluar dari ruang pembakaran oleh Piston yang bergerak ke Titik Mati Atas (TMA) melalui saluran buang.

Jadi, supaya motor bensin dapat bekerja, harus melakukan 4 Proses Kerja, yaitu :

1. Menghisap campuran bensin dan udara masuk ke dalam silinder
2. Mengkompresi gas campuran udara dalam bensin agar diperoleh tekanan hasil pembakaran yang tinggi.
3. Pengapian yang baik dan saat yang sudah tepat.
4. Meneruskan gaya tekan hasil pembakaran sedemikian rupa sehingga dapat diubah menjadi tenaga gerak.
5. Membuang gas sisa pembakaran keluar dari ruang pembakaran.

Proses ini terjadi didalam suatu proses kerja sepeda motor bensin yang disebut juga siklus. Satu siklus kerja motor bensin terjadi empat proses kerja yang masing - masing proses kerja dilakukan oleh satu langkah Piston penuh sehingga satu kali usaha pada motor bensin diperlukan empat langkah piston. Motor bensin yang satu siklusnya dibutuhkan empat langkah Piston tersebut disebut dengan motor bensin 4 langkah atau motor bensin 4 Tak.
Siklus Motor 4 Tak
Load comments

Comments