Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Memahami Sistem REM dari kendaraan Sepeda Motor

KelasHiro, Karawang - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas terkait dengan informasi Sistem REM pada kendaraan Sepeda Motor. Tujuannya sebetulnya hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa pentingkah dan berperan kah sistem pengereman pada sepeda motor.
Sumber : Postkota, Rem yang digunakan untuk menghentikan laju kendaraan

Sistem Rem sepeda motor dirancang untuk dapat mengontrol kecepatan atau laju suatu kendaraan. Dengan maksud untuk dapat mengurangi atau memperlambat kecepatan dan menghentikan laju dari sepeda motor. Penggunaan pada sistem rem yang ada pada kendaraan sepeda motor untuk dapat meningkatkan keselamatan dan untuk memperoleh pengendaraan yang jauh lebih aman.

Prinsip kerja dari sistem REM ialah dengan mengubah energi panas dalam bentuk gesekan. Sistem rem mengubah energi kinetik menjadi energi panas, hal ini berkebalikan dengan yang terjadi pada mesin., dimana yang kita ketahui kalau mesin itu mengubah energi panas menjadi energi kinetik. Energi Kinetik dapat dideskripsikan sebagai pergerakan dari sepeda motor, sedangkan energi panas merupakan hasil gesekan antara komponen rem saat rem hendak akan dioperasikan.

Gesekan (Friction) merupakan sebuah faktor utama dalam pengereman. Dengan kata lain ialah komponen yang dibuat untuk sistem rem harus mempunyai sifat dari bahan yang tidak hanya menghasilkan jumlah gesekan yang besar, tetapi juga harus mampu untuk tahan terhadap gesekan dan juga tidak menghasilkan panas yang dapat menyebabkan bahan tersebut menjadi meleleh atau berubah bentuk. Bahan - Bahan yang tahan terhadap gesekan ialah gabungan dari beberapa bahan yang disatukan dengan melakukan perlakuan tertentu. Sejumlah bahan tersebut antara lain ialah Tembaga, Kuningan, Timah, Grafit, Karbon, Kevlar, Resin/damar, Fiber dan bahan - bahan adiftif/tambahan lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua terkait dengan Memahami Sistem REM dari kendaraan Sepeda Motor. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.
Load comments

Comments