Macam-Macam Sistem Rem Pada Sepeda Motor

KelasHiro, Karawang - Setelah kalian Mengenal dan Memahami Sistem Rem pada Kendaraan Sepeda Motor di pertemuan artikel sebelumnya, sekarang kalian diwajibkan untuk mengenal ada berapa macamkah Sistem Rem yang terdapat pada kendaraan sepeda motor itu.
Sumber : Gambar Google, Rem Hidrolik sebelah Kiri dan Rem Tromol Sebelah Kanan

Pada kendaraan sepeda motor terdapat dua jenis sistem rem yang dipergunakan berdasarkan pada mekanisme pergerakkannya, diantaranya ialah Sistem Rem Penggerak Mekanik dan Sistem Rem Penggerak Hidrolik.

1. Sistem Rem Penggerak Mekanik
Ialah sistem rem yang bekerja dengan menggunakan kabel. Sistem rem mekanik ini ialah sistem rem yang paling sederhana dan juga tidak terlalu banyak menggunakan komponen. Komponen pada sistem rem yaitu Rem, Tuas, Kawat/Seling. Sistem Rem mekanik memang lebih mudah dalam perawatannyadan perbaikannya karena konstruksi yang sangat sederhana. Gerakkan dorong dari pada tuas akan terus menuju ke sepatu rem dengan menggunakan Kawat/Seling, semakin panjang tuas bergerak maka akan semakin kuat sepatu rem tersebut dapat menekan tromol atau lintasan.

2. Sistem Rem Penggerak Hidrolik 
Ialah sistem rem yang menggunakan Fluida cair sebagai media pengantar/penyalur gerakkan. Mekanisme pergerakkan sistem rem hidrolik memanfaatkan tenaga hidrolik (fluida/cairan) untuk dapat meneruskan tenaga pengereman menggunakan pedal/handle rem ke sepatu rem/pad rem. Sewaktu handle rem tersbut kalian tarik, handle rem ini akan mampu untuk mendorong Piston didalam master silinder menuju keluar silinder. Sehingga yang terjadi adalah master silinder rem mengubah gaya mekanis handle rem menjadi tekanan hidrolik. Tekanan ini akan diteruskan oleh minyak rem melalui selang rem untuk dapat mendorong piston yang berada di dalam Kaliper tersebut.
Maka tekanan hidrolis minyak rem diubah menjadi gaya mekanis. Yang terjadi ialah piston yang ada pada kaliper mampu untuk mendorong pad/kampas rem untuk dapat menjepit cakram rem sehingga terjadilah gaya pengereman.

Sistem rem hidrolik membutuhkan perawatan yang dilakukan secara berkala. Hal ini dikarenakan komponen-komponen rawan terhadap kerusakan, jikalau terjadi kerusakan/kebocoran pada selang atau sambungan penyalur fluida maka akan sangat menggangu siklus atau kerja dari rem tersebut. KOmponen sistem Rem Hidrolik ialah Sepatu Rem, Master Silinder, Silinder Roda, dan Tuas Rem. Rem Cakram penggerak hidrolik banyak digunakan pada kendaraan sepeda motor pada saat ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua terkait dengan Macam-Macam Sistem Rem yang terdapat Pada Sepeda Motor.

0 Comments