Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Bunyi Saat Kendaraan di Jalankan ? Cek 2 Komponen Berikut ini !

KelasHiro, Karawang - Ban pada kendaraan roda Empat sewaktu melakukan putaran yang tinggi akan terjadi yang namanya bunyi-bunyian salah satunya yaitu gemuruh. Suara gemuruh ini kalian akan mendengarnya sewaktu kecepatan tinggi atau kecepatan rendah.

Lalu apa penyebabnya ?

Pada kesempatan kali ini kami akan melakukan sharing kepada kalian semua terkait dengan masalah ini. Dan setelah kami telusuri tenyata ada 2 yang membuat kendaraan ini berbunyi.

1. Bearing Roda
Bearing roda yang ada pada bantalan penyangga roda sewaktu berputar. Biasanya hal ini disebut dengan hub roda atau klaher.

Cara kerjanya sama pada umumnya klaher itu. Khususnya bagi kalian yang sudah mengenal dari klaher sepeda. Akan tetapi, hub pada kendaraan roda empat ini lebih lebar dari pada sepeda. Kerusakan yang sering terjadi adalah, pelor yang sudah mengalami perubahan bentuk. Bengkok atau patah.

Nah, ini lah yang memyebabkan sewaktu roda berputar akan berbunyi. Hasilnya mau kencang atau pelan yang terjadi adalah kerusakan pada kendaraan saat di pergunakan sewaktu melaju.

2. Ban Bergelombang
Selanjutnya, ban yang sudah tidak layak yaitu bergelombang. Ban yang tidak baik ialah ban yang permukaan treat yang sudah tidak rata atau adanya tonjolan. Karena inilah yang menyebabkan ban mobil menjadi bergetar dan sewaktu di jalankan akan mendapatkan suara yang gemuruh 40 KM/Jam.

Lalu penyebabnya apa ? yang membuat part dari kendaraan.ini bisa seperti demikian ?

Yang jelas adalah penggunaannya yang sudah melebihi batas usia dari part - part kendaraan tersebut. Solusinya ialah tinggal mengganti part dari kendaraan yang rusak itu dengan part yang baru.

Seperti Bearing ? Silahkan Goyangkan saja Bannya apakah kalian mendengar suara bunyi ? Kalau ia kalian mendengar maka segera ganti Bearing yang ada pada roda. Kalau tidak di ganti yang terjadi apa ? Jelas suara Gemuruh saat kalian kembali membawa kendaraan tersebut di jalan.

Lalu ban ? Sering - sering melakukan pemeriksaan secara visual saja. Apakah ban tersebut rata atau tidak. Jika tidak maka segera lakukan pergantian dengan ban serep khususnya.
Load comments

Comments