Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

6 Komponen ini Yang Wajib di Cek saat Power Steering Berbunyi

KelasHiro, Karawang - Hmmm, kerusakan pada sistem power steering mobil memang sedikit sulit untuk di lakukan identifikasi. Hal ini dikarenakan ada banyaknya komponen yang masuk kedalam sistem ini. Dan biasanya yang menjadi kendala power steering adalah bunyi.

Hal inilah yang memang membuat biaya yang banyak dikeluarkan dan juga waktunya. Akan tetapi kalian dapat memahami secara detail terkait dengan informasi power steering tujuannya adalah agar lebih mengenal kembali terkait dengan power steering.

Penyebab terjadinya bunyi pada Power Steering

Tujuannya adanya power steering adalah untuk mempermudah pengemudi saat membelokkan stir kemudinya.Tapi power steering memiliki 2 jenis yang berbeda di antaranya adalah power steering hidrolik yang menggunakan pompa dan power steering EPS ( Elektrik Power Steering ) yang menggunakan mesin motor listrik.

Hal yang perlu kalian cek adalah.
1. Pompa
Pompa pada power steering berfungsi sebagai sumber utama dari daya power steeringnya. Pompa ini akan memompa oli power steering, oli power steering yang tertekan akan dipergunakan untuk dapat mendorong rack steer ke arah kemudi yang dikehendaki.

Jika adanya bunyi, terutama dengung sewaktu menyetir maka bisa jadi masalahnya pada pompanya. Biasanya kerusakaan ini pada bagian dari pulley dan poros pompa nya yang oblak.

Namun, kalian juga perlu mengetahui hal ini sebenarnya saat stir di mentokkan ke kanan atau kekiri akan ada bunyi degung ini bisa hal yang wajar. Bunyi ini akan terjadi saat stir nya sudah di mentokkan dan di tahan.

Nah, kalau bunyinya datang tiba-tiba saat stir kalian diputar (sebelum mentok) tapi sudah bunyi ini yang di sebut dengan masalah.

Solusinya adalah dengan mengganti kerusakan pada pompanya. Kalau masalah biaya akan berbeda - beda tergantung dari merk kendaraannya. Namun umunya mencapai angka Rp.2.000.000.

2. Oli Power Steeringnya Habis/Kurang/Bocor
Oli ini tidakhanya berfungsi sebagai pelumas saja. Namun, sebagai fluida hidrolik yang dapat mentransfer tenaga dari pompa ke rack steer.

Kalau kurang, maka akan dapat menyebabkan masuk angin yang terjadi adalah stir sedikit berat dan juga bunyinya kasar saat stir ini dibelokkan. Dan juga, saat kalian membuka reservoir oli PS juga akan muncul banyaknya Gelembung.

Dalam keadaan mesin OFF, PS ketinggian olinya bisanya tanpa membuka tutup juga akan terlihat, namun, sedikit transparan. Kalau olinya kurang, maka jangan buru-buru untuk mengisinya tapi silahkan cek terlebih dahulu apakah ada kebocoran atau tidak.

kalau setiappagi kalian sering melihat cairan berwarna merahdi kolong mobil itu bisa disebut sebagai dengan pertanda kalau ada kebocoran.

Solusinya, cek benahi dan isi oli sampai dengan level maksimal.

3. Selang High Pressure rusak
Selanjutnya selang pada PS yang mengalirkan oli bertekanan tinggi dari pompa menujurack steer. Didalam selang ini terdapat fluida dengan tekanan maka kondisi selang juga harus dan wajib dalam keadaan normal.

Ketika adanya kerusakan atau kondisi selang sudah tidak layak maka akan timbul sebuah bunyi. Kalau selangnya lembek dan tidak bagus segera ganti dengan yang baru.

Nyalakan Mesin dan belokkan stir lalu lihat apakah selang ini bergetar ? jika ia bergetar itulah tanda kerusakan. Segera ganti dengan yang baru lagi.

4. Long Tie Rod Lemah
Merupakan batang yang menghubungkan ujung dari rack steer dengan bagian knuckle arm di bagian roda. Disini lah terdapat sebuah ball joint untuk memungkinkan stir bisa di gerakkan ke berbagai sudut.

Sewaktu ball joint ini oblak atau lemah, maka akan ada bunyi kletek-kletek saat dibelokkan.

Untuk melakukan pengecekkan maka kalian lepas dulu tie rod dari knuckle armnya, lalu gerakkan tie rod keatas dan kebawah. Harusnya ada sedikit tahanan, atau mungkin akan keras saat tie rod keatas dan kebawah. Kalau sangat lemah tandanya rusak dan harus diganti.

5. Boot Steering Rack Robek
Ini merupakan karet pelindung joint antara long tie rod dan steering rack. Karet ini berfungsi untuk dapat melindungi ball joint dari debu dan kotoran juga untuk menjaga agar pelumas pada ball joint tidak bocor.

Kalau karet ini Robek maka secara otomatis yang terjadi adalah kotoran masuk, dan pelumasannya juga bunyi gesekkan sewaktu stir ini di belokkan.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan untuk kalian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.
Load comments

Comments