Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

5 Manfaat Kalian Mengkonsumsi Bawang Bombay

KelasHiro, Karawang - Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah informasi terkait dengan manfaat dari pada Bawang Bombay yang masuk kedalam masakan akan dapat memberikan cita rasa yang manis dan gurih yang sedap. Konsumsi bawang renyah ternyata juga dapat manfaat sehat.
Bawang boombay memang mampu memberikan cita rasa yang khas pada masakan maka dari pada itu tidak heran, bahan makanan ini selalu tersedia di dapur restoran ataupun rumahan. Terlebih lagi saat ditumis, bawang bombay mengeluarkan aroma yang sangat menggugah selera.

Ternyata selain sedap ternyata bawang bombay menyimpan banyak nutrisi di dalamnya. Berikut ini merupakan manfaat dari konsumsi bawang bombay seperti yang dilansir oleh Shared.

1. Mengontrol kadar gula darah
Tingginya gula darah akan dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit komplikasi. Tentunya dalam mencari makanan yang baik bagi penderita gula darah cukup sulit. Hal ini dikarena kan pada asupan nutrisi yang harus diperhatikan. 

Ternyata, dengan kalian mengkonsumsi bawang bombay dapat langsung menurunkan tingkat glukosa yang ada dalam darah bahkan menurunkan kolesterol jahat jika dibarengi dengan pengobatan antidiabet. Jika Kalian memang sedang dalam pengobatan diabetes, konsultasikanlah jumlah konsumsi bawang bombay yang dianjurkan oleh seorang dokter. Selain itu kalian juga dapat menambahkan manfaat bawang bombay pada makanan untuk dapat membantu pencegahan gula darah tinggi.

2. Memenuhi nutrisi
Bawang bombay dapat dijadikan sebagai asupan multivitamin karena nutrisi yang dikandungnya juga lengkap. Ditambah lagi, dengan bawang bombay yang mengandung kalori rendah dan sangat cocok untuk dapat menjaga kesehatan. 

Kandungan vitamin yang terkandung dalam bawang bombay adalah vitamin C, B6, B9 dan potasium yang dapat memberikan banyak manfaat berupa mempercepat proses penyembuhan penyakit, meningkatkan daya tahan, serta membantu penyerapan zat besi.

3. Melindungi jantung
Bawang bombay yang kaya akan zat anti inflamasi dapat mencegah tekanan darah tinggi dan juga penggumpalan darah. Ditambah lagi dengan adanya zat antioksidan dalam bawang bombay dapat mencegah menumpuknya kolesterol jahat dan mencegah timbulnya penyakit jantung.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Kesehatan usus dan juga saluran pencernaan merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh. Dengan kalian mengonsumsi bawang bombay yang memiliki kandungan prebiotik dan serat yang dapat menunjang kinerja bakteri baik dalam usus. Kandungan tersebut memenuhi kebutuhan asam lemak tubuh dan juga akan dapat langsung memaksimalkan kesehatan pencernaan.

5. Berpotensi melawan kanker
Bawang bombay merupakan kelompok dari tumbuhan gen Allium yang telah dipercaya berpengaruh dalam melawan beberapa jenis kanker perut dan juga sistem keloid. Penelitian menunjukkan kalau orang yang mengkonsumsi tumbuhan Allium dengan jumlah yang cukup akan dapat terhindar dari kanker jenis tersebut sebanyak 22%. 

Hal ini diperoleh karena adanya sebuah kandungan sulfur dan flavonoid dalam bawang bombay. Bawang juga mengandung onionin A yang mengandung sulfur dan mampu mencegah pertumbuhan tumor dan menekan penyebaran sel kanker paru-paru.
Load comments

Comments