Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Tutorial Lengkap cara pelepasan dan Pergantian Oli Gardan

KelasHiro, Karawang - Bagi kalian semua yang menggunakan Motor Matic merupakan sebuah hal yang memang sangat tren di jaman sekarang ini karena tingkat keamanan serta kemudahannya dalam berkendara jauh lebih mudah menurut kami di bandingkan dengan mereka yang menggunakan kendaraan jenis lainnya.

Namun, pada kendaraan Matic juga kalian siap melakukan namanya pergantian Oli secara Periodeik, Oli pada kendaraan Matic ada du jenisnya yang mana di antaranya adalah Oli Mesin dan Oli Gardan. Pembahasan kita kali ini adalah tentang Oli gardan yang mana akan kami ulas di bawah ini.

Oli gardan atau bahasa lainnya adalah Gear oil yang berungsi untuk pelumas gear belakang dari kendaraan Matic kalian. Posisina berada pada as roda dibelakang.

Oli Gardan juga perlu yang namanya pergantian secara rutin. Tentunya sebagai bentuk kenyamaan si pengguna. Akan tetapi, bagi kalian yang ingin mengganti Oli Gardan tidaklah susah dan sangat mudah sekali tentunya. 

Berikut ini adalah Prosedur nya, Namun sebelum di mulai kalian di wajibkan untuk menyiapkan alat dan bahannya.
  • Kunci T 12 mm, Jangan menggunakan Kunci Inggris ya.
  • Bak penampung Oli. Tidak ada aturan Baknya mau seperti apa.
  • Oli Gardan yang Baru. Terserah Merek yang mau kalian gunakan.
Siap semua, maka langkah selanjutya adalah di bagian kendaraannya.

1. Silahkan Parkirkan Motor kalian dengan menggunakan Standar 2 atau standar tengah.

Pastikan saat kalian memarkirkan kendaraan dalam kondisi yang rata karena untuk kenyamanan saat pelepasan dan juga agar lebih mudah dalam prosesnya.

2. Lepas Baut Bagian belakangnya.
Kalian akan melihat 2 buah Baut yang mana baut pertama adalah baut Pengisi dan posisinya di atas. kedua adalah baut penguras untuk membuang oli.
Sebeum kalian melepaskan baut yang ke dua atau Baut penguras maka kalian di wajibkan untuk menyediakan Bak atau wadah atau tempat untuk nantinya Oli tersebut keluar dari Bagian Bak Gardan Belakang.

Alasan yang harus kalian ketahui adalah kendapa di haruskan di buka baut yang di bagian Pengisi atau baut pertama tujuannya adalah sebagi ventilasi yang mana nantinya ketika baut ini di buka maka akan memudahkan kalian untuk menguras Oli yang ada di Gardan.

3. Silahkan Tutup Kembali baut ke dua atau Baut Penguras.
Setelah kalian seleai menguras Oli yang ada di Gardan, maka kalian selanjutnya adalah menyiapkan untuk Memasang kembali Baut kedua atau baut Pengurasnya. Silahkan kalian pasangkan kembali dengan rapi dan tentunya dengan posisi yang pas agar terhindar dari yang namanya kebocoran.

Dan ingat awas jangan sampai Patah, karena kalau patah akan sangat merepotkan nantinya dan menyulitkan nantinya. Jadi hanay sekedar saran perlahan dan hati-hati pastikan tidak terlalu keras juga. Karena saat dinyalakan kendaraan akan menjadi panas dan takutnya adalah menempel sehingga saat dibuka sulit, dan dipaksa dibuka yang terjadi adalah patah. Repot sekali.

4. Isi Oli Gardan dengan yang baru
Biasanya botol dari Oli gardan di buat Moncong hal ini dikarenakan untuk mempermudah kalian saat memasukkan oli gardan ke bagian belakang kendaraan. Cukup dengan Menggunting bagian Ujungnya saja.

Setelah di potong tinggal kalian posisikan saja Bagian ujungnya dari Oli tersebut kebagian belakang dari Lubang Baut pertama atau baut pengisian.
Catatan kalau saat melakukan pengisian sudah meluber atau oli keluar dari gardan sudah di cukupkan saja jangan dipaksakan sampai Botol Oli nya habis.

Dan ingat jangan lupa pasangkan kembali baut pertama atau baut pengisian. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga informasi ini dapat membantu kalian semua dalam proses pelepasan dan pergantian Oli gardan.
Load comments

Comments