Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Menganalisi Kendaraan Injeksi Sulit di Nyalakan

KelasHiro, Karawang - Pengguna Motor Injeksi ? Atau FI ? Berarti kalian sudah tepat sekali berada di sini. Karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas Kendaraan Injeksi. Yang mana pembahasannya di kesempatan kali ini adalah tentang 3 Penyebab utama kendaraan Injeksi Sulit sekali untuk di nyalakan atau dihidupkan.

Sistem pada kendaraan Injeksi sangat jauh berbeda sekali dengan Kendaraan Karburator, yang mana sistem injeksi ini mirip seperti sistem pada kendaraan mesin Diesel yang mana Bahan Bakar tanki harus selalu tersambung dan terhubung tanpa adanya celah udara. Karena kalau ada sedikit saja yang masuk maka pada sistem injeksi akan bisa bahaya.

Saat pengontrolannya, sistem Injeksi menggunakan yang namanya ECU yang mana perupakan sebuah Mikro Controller yang dapat mengatur masuk nya bahan bakar berdasarkan durasi atau Timmingnya. 

Dan Penyebab Utama kenapa kendaraan Injeksi Sulit sekali dinyalakan ?

Intinya adalah bagian dari pada Pengapian yang dapat menyebabkan kendaraan sulit untuk dinyalakan. Bahan Bakar atau bensin yang memang tidak sampai atau tersalurkan atau bisa jadi Kebocoran terhadap Kompresi.

Namun, yang paling sering di alami adalah.

1. Batterai atau Aki Teganggannya Lemah
Di kendaraan Injeksi batterai memiliki sebuah peran yang sangat amat penting, khususnya saat kendaraan akan dinyalakan. Hal ini dikarenakan batterai tidak hanya dipakai untuk elektrik starter saja, tapi juga untuk menyuplai sumber daya pada ECU.
Sewaktu tegangan aki menurun atau belum sampai Drop, maka pada tegangan yang masuk kedalam ECU menjadi lebih rendah dari normalnya yaitu 12 V. Hal ini akan menyebabkan ECU menjadi ERROR, sehingga yang terjadi pada Elektrik Starter menjadi lemah dan mesin sulit untuk dinyalakan.

Kalau pusing tidak menyala dengan elektrik starter maka kalian bisa ganti dengan menggunakan Kick Starter. Jika sudah menyala maka kelistrikkan pada kendaraan akan di suplai lagsung oleh Spull.

2. Brush pada Motor Starter Aus
Perhatikan pada bagian dari Motor Starter yang mana bagian ini atau komponen ini sangat berperan diperlukan sekali. Yaitu Brush atau Sikat.
Kalau Brush atau Sikat ini Aus maka sewaktu kalian menekan Tombol Starter yang terjadi adalah Starter terkesan loyo dan tidak ada Tenaga.

Kalau penyebabnya yang pertama atau Batterai biasanya kalian bisa mengecek dengan menekan tombol Klakson kalau sember atau tidak normal maka Batterai atau Aki lah penyebabnya. Kalau penyebabnya Brush waktu kalian Klakson dan Lapu menyala seperti baisanya berarti hal ini aman Bukan pada Batterai atau Aki tapi pada Brush yang sudah Aus.

3. Bensin Hampir Habis

Nah, selanjutnya adalah bagian dari pada yang menurut saya sering sekali tertinggal yaitu bagian dari pada Bensin Indikator atau Tanki Bensin. Silahkan Cek secara bijak karena ini merupakan bagian utama dari kendaraan yang seharusnya memang dalam kondisi yang tidak Kosong.
Kalau terjadi pada kendaraan Injeksi maka kalian bisa Putar Kunci ON dan OFF nya sebanyak 4x. Nah setelah kalian mengisi bensin ya jangan tidak. Karena hal ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan Angin sebelumnya.

Penyebab lainnya bisa jadi pada
  • Spark Plug atau Busi yang sudah Rusak atau Mati.
  • Sendor atau kabel ada yang terputus. Khususnya di bagian kelistrikkan Sperti bagian Chhecking Engine kalau di injeksi akan menyala di bagian dashboardnya.
  • Kebocoran Pada Kompresi. Biasanya kendaraan yang sudah berusia di atas 8 tahunan. Kalau susah di nyalakan saat mesin kendaraan dingin atau di pagi hari artinya adalah ini gejala kebocoran terhadap kompresi.
Load comments

Comments