Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Apa Itu Kopling ? Penjelasan Tentang Kopling Kendaraan

KelasHiro, Karawang - Dengan perkembangan teknologi sistem pemindah tenaga yang terdapat di kendaraan sepeda motor sangat pesat sekali. Hal ini dapat terlihat dari munculnya teknologi baru yang terdapat di kendaraan sepeda motor matic (skuter). Pada kendaraan sepeda motor otomatis atau matic, perpindahan tenaga serta pada putaran mesin dilakukan secara tersendiri yaitu otomatis dari poros engkol atau crankshaft menuju kopling melalui sabuk-v atau v-belt atau dikenal dengan istilah CVT (Continuously Variable Transmission). 
Sistem Pemindah tenaga jenis ini tidak ada transmisi atau tidak ada roda gigi seperti halnya pada kendaraan sepeda motor bebek atau sport. Pengaturan kecepatan pada kendaraan sepeda motor diatur oleh posisi yang terdapat pada drive pulley atau driven pulley yang telah dihubungkan langsung dengan v-belt atau sabuk-v yang ada pada sistem transmisi CVT.

Fungsi Kopling
Kopling ialah bagian utama yang terdapat pada sistem pemindah tenaga kendaraan sepeda motor. Kopling pada sepeda motor difungsikan sebagai pemutus serta penghubung putaran pada mesin dari poros engkol ke transmisi untuk selanjutnya dapat diteruskan menuju ke roda belakang melalui rantai roda.
Proses pada pemutus serta penghubung yang ada pada putaran mesin di kendaraan sepeda motor saat ini dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya ialah cara yang umum dipergunakan saat ini ialah menggunakan handel kopling manual ( yang terdapat pada kendaraan sport) dan mengatur kecepatan mesin supaya ada pada putaran rendah (merupakan pada tipe bebek). Namun, teknologi terbaru saat ini ialah yang ada pada kendaraan sepeda motor (dengan tipe matic).

Dalam hal ini untuk dapat mengatur kecepatan yang ada pada kendaraan tidaklah perlu untuk menggunakan handel kopling ataupun menurunkan kecepatannya, tetapi langsung secara otomatis mengikuti dari putaran mesin.
Load comments

Comments