Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Penjelasan, Ukuran dan Perawatan Terhadap Drill BIT

KelasHiro, Karawang - Mata bor atau dikenal dengan nama Drill Bit pada bagian ujungnya, dipergunakan untuk dapat memotong dan bit shank ditahan dengan menggunakan jaw di bagian drill chuck. Pada dasarnya digunakan saat pekerjaan logam untuk dapat membuat lubang dengan bentuk cylinder. Drill bit dengan jenis ini memiliki bagian dari ujungnya yang cukup tajam serta bagian dari kedua sisinya yang digunakan untuk dapat memotong. 
Bagian dari pinggir yang bentuknya spiral akan dapat berfungsi untuk dapat mengangkat berupa serpihan logam dari lubang sewaktu kalian menggunakan drill bitnya. Diameter dari shank sama besarnya seperti diameter tepian spiral. Drill bit yang bukan merupakan twist drill bit ialah yang diameter dari sisi potongnya lebih besar, jika dibandingkan dengan diameter bit shanknya, tidak dianjurkan untuk pekerjaan logam. 

Diameter pada drill bit yang paling banyak dipergunakan pada kebanyakan portable drill ialah 1,6 mm hingga 13 mm. Angka drill bit juga umum dipergunakan untuk dapat mengenali ukuran dari drill bit.

Fungsi pada drill bit ialah untuk dapat membuat lubang bulat diatas material atau benda kerja, yang kerasnya sama seperti mata bor. Penggunaan mata bor khusus untuk dapat membuat lubang. Mata bor yang digunakan tidak boleh chisel, tapper atau prier. Mata bor yang terbuat dari bahan baja karbon dapat dipergunakan untuk melakukan pekerjaan kayu dan logam lunak

Mata bor HSS dipergunakan pada logam lunak dan juga pada baja lunak. Mata bor dengan bagian ujungnya yang carbide atau tungsten, carbide dipergunakan untuk dapat memotong beton dan juga untuk logam-logam keras.

Sewaktu dalam penggunaan selalu gunakan cairan pendingin hal ini bertujuan untuk dapat mencegah kerusakan terhadap mata bor akibat panas. Cairan yang umum dipergunakan ialah berupa cairan oli dan air. Celupkan mata bor tersebut kedalam cairan pendingin sewaktu hendak akan melakukan pengeboran logam. Gunakan mata bor dengan extra berhati-hati untuk dapat mencegah terjadinya kerusakan dan juga untuk menghindari cidera. Jangan pernah untuk menggunakan mata bor sebagai chisel. Hal ini nantinya akan dapat menyebabkan bagian dari ujung mata bornya menjadi patah. Pastikan juga kalau bit shank tidak memiliki bagian pinggir yang kasar karena hal ini akan dapat menyebabkan tool yang digunakan akan menjadi rusak. Kebanyakan penyebab kegagalan dalam pengeboran ialah kerusakan pada shank bit.

Ukuran Drill

Metode yang digunakan untuk menentukan Drill
  • Berdasarkan diameter didalam satuan milimeter, berkisar 0,32 mm ke atas. Dengan ukuran pada drill dalam satuan metrik yang meningkat dalam kisaran 0,2 mm. Satuan pada metrik sekarang merupakan kisaran dari drill yang sudah paling umum dipergunakan.
Perawatan
Selalu menjaga kebersihan pada mata bor yang dipergunakan dari kotoran serta oli. Simpan selalu mata bor di tempat-tempat yang bersifat kering hal ini bertujuan untuk dapat mencegah karat. Sewaktu hendak akan mengasah mata bor, kalian dapat celupkan bagian dari ujungnya mata bor ke dalam air sesering mungkin, jika tidak, yang terjadi nanti pada bagian dari ujungnya akan dapat menjadi lunak serta akan kehilangan kemampuan daya potongnya. Pastikan untuk terus mengikuti petunjuk dan aturan dari perusahaan pembuatnya saat hendak akan melakukan pengasahan.  
Load comments

Comments