Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Membuat, Membuka dokumen baru dan Menggunakan Template

File yang ada pada Microsoft Word versi berapapun itu disebut dengan dokumen. Setiap kali kalian akan memulai sebuah pekerjaan baru di Microsoft Word, Maka kalian diharuskan untuk dapat membuat dokumen baru, yang mana bisa berisikan dokumen yang masih kosong atau berisikan format berupa template. Kalian juga harus mengetahui tentang bagaimana cara untuk membuka dokumen yang ada.
Membuat dokumen baru kosong baru:
Ketika hendak akan memulai untuk melakukan sebuah pekerjaan baru di Microsoft Word, Maka kalian akan memulai dengan membuat dokumen baru yang masih kosong.
  • Klik tab File untuk mengakses tampilan Backstage.

  • Pilih New, lalu klik dokumen Blank.

  • Sebuah dokumen kosong baru akan muncul.
Membuat workbook baru dari template:
Template merupakan dokumen yang sifatnya sudah pradesain yang dapat kalian pergunakan untuk dapat membuat dokumen baru dengan cepat. Template yang sering juga termasuk didalamnya format khusus dan formula yang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga dapat menghemat banyak waktu dan usaha ketika memulai sebuah pekerjaan terbarunya.
  • Klik tab File untuk dapat mengakses tampilan Backstage, lalu pilih New.
  • Terdapat beberapa template yang akan muncul di bawah opsi dokumen yang kosong. Selain itu kalian juga dapat menggunakan tempat "kotak pencarian untuk menemukan sesuatu yang lebih spesifik". 
  • Apabila kalian telah berhasil untuk menemukan sesuatu yang menurut kalian sudah cocok, klik dan silahkan pilih template untuk dapat melihatnya.
  • Preview dari sebuah template akan muncul. Klik Create untuk dapat menggunakan template yang dipilih.
  • Akan muncul dokumen baru yang telah dipilih.
Update*

Tutorial Membuka dokumen yang sudah ada:
Selain dapat membuat dokumen baru, Ternyata kita juga dapat untuk membuka dokumen yang pernah di simpan sebelumnya. Berikut ini akan kami perjelas tentang bagaimana caranya untuk dapat membuka Dokumen yang sudah pernah di simpan sebelumnya.
  • Silahkan klik menu File, kemudian kalian akan bisa menemukan Open, Lalu klik Open.
  • Pilih This PC, kemudian klik Browse. Lalu kalian juga dapat memilih OneDrive untuk kalian yang ingin membuka file yang tersimpan pada OneDrive.
  • Kotak dialog Open akan muncul. Cari dan pilih dokumen yang akan kalian open nantinya, kemudian klik Open.
  • Tunggu, sampai Dokumen yang kalian pilih akan muncul.

Pin dokumen tertentu:
Jika Kalian yang sering bekerja dengan menggunakan dokumen yang sama, Maka kalian akan dapat melakukan pin ke tampilan Backstage untuk nantinya dapat mengaksesnya dengan cepat dokumen yang telah di pin.
  • Buka tampilan Backstage, lalu klik Open, dan pilih Recent.
  • Akan ada Daftar dokumen yang baru diedit yang muncul. lalu kalian bisa Arahkan mouse di atas dokumen yang ingin kalian lakukan pin, lalu klik ikon pushpin.
  • Dokumen yang akan tertinggal di daftar dari Recent dokumen. Untuk dapat membuka pin dokumen, silahkan kalian klik ikon pushpinnya kembali.
Mode Kompatibilitas
Kadang-kadang Kalian mungkin akan perlu untuk bekerja dengan menggunakan dokumen yang dibuat dengan versi Microsoft Word yang berbeda, seperti pada Microsoft Word Versi 2007, 2010, 2013. Ketika Kalian hendak akan membuka jenis dokumen, mereka akan muncul kedalam Mode Kompatibilitas.

Compatibility Mode menonaktifkan beberapa fitur-fitur tertentu yang ada pada versi di atasnya, sehingga kalian hanya akan dapat mengakses perintah yang dapat ditemukan di dalam program yang telah digunakan ketika membuat dokumen yang di maksudkan. Contohnya jika dokumen di buat dengan menggunakan Microsoft Word 2007, saat di buka dengan versi di atasnya maka hanya fitur - fitur tertentu saja yang ada.

Pada gambar di bawah, Kalian akan dapat melihat bagaimana yang dimaksudkan dengan Compatibility Mode dapat mempengaruhi beberapa perintah yang lainnya tersedia. Karena dokumen di sebelah kiri ialah di Compatibility Mode, itu hanya menunjukkan perintah yang ada pada Microsoft Word 2007.
Untuk keluar dari mode Compatibility Mode, Kalian hanya perlu untuk mengkonversi dokumen tersebut dengan jenis versi yang ada pada saat ini. Akan tetapi, jika kalian hendak akan berkolaborasi dengan orang lain yang hanya memiliki akses ke versi Word yang terdahulu, yang terbaik ialah untuk meninggalkan dokumen tersebut pada Compatibility Mode maka pada formatnya tidak akan dapat berubah.

Cara Mengkonversi dokumen:
Jika Kalian hendak akan mengakses ke semua fitur yang ada pada Microsoft Word 2016 , Kalian dapat mengkonversi format filenya dokumen menuju ke 2016 .

  • Klik pada tab File untuk dapat mengakses tampilan Backstagenya, kemudian cari dan kalian pilih perintah Convert.


  • Sebuah kotak dialog nantinya akan muncul. Silahkan kalian Klik OK untuk mengkonfirmasi upgrade berkas.


  • Dokumen akan dikonversi menjadi jenis file terbaru.
Load comments

Comments