Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Memulai Pengenalan Microsoft Word

Microsoft Word 2016 sama seperti yang sebelum-sebelumnya dimana versi yang lalu yaitu Microsoft Word 2013 dan Microsoft Word 2010. Jika memang sudah terbiasa dengan menggunakan Microsft Word dengan versi yang lama, bukan berarti dengan hadirnya Microsoft Word 2016 jadi berbeda, dan sulit untuk di gunakan, itu salah besar maka jawabannya adalah sudah pasti seharusnya sudah bisa dan sudah terbiasa atau dalam bahasa lain adalah mahir. 
Tapi perlu di ingat ya, walaupun sudah bisa, perlu sedikit Pengenalan lebih lanjut lagi, terkait dengan tampilan yang ada pada Microsoft Word 2016 ini.

Iinterface atau Tampilan Awal Microsoft Word 2016
Sewaktu kalian sudah membuka Microsoft Word, untuk pertama kalinya, Maka akan ada Start Screen yang muncul. Mulai disinilah, Kalian akan dapat membuat buku kerja/ workbook terbaru, memilih template, serta mengakses workbook/buku kerja yang baru saja diedit. Dari Layar Start, cari dan pilih dokumen Blank untuk mengakses antarmuka Word.
Pengenalan Lebih Lanjut :
  • Quick Access Toolbar: Dapat memungkinkan Kalian para pengguna untuk dapat mengakses perintah-perintah umum, tidak peduli mulai dari tab mana yang sedang kalian pilih. Baik, Secara default, di dalamnya sudah ada Save, Undo, dan perintah Repeat.
  • Ribbon: Berisikan semua perintah yang kalian butuhkan sewaktu kalian sedang melakukan tugas umum pada Microsoft Word. Ribbon memiliki banyak tab, masing-masing tabnya sama dengan beberapa kelompok perintah.
  • Perintah Grup: Dari setiap kelompok atau group yang telah berisikan tentang serangkaian perintah yang berbeda. Cukup dengan klik perintah atau apapun sewaktu hendak akan menerapkannya. Dari beberapa kelompok juga memiliki suatu panah yang ada di sudut kanan bawah, yang dapat User atau pengguna klik untuk dapat melihat perintah lebih lanjut lagi.
  • Panel Dokumen: Merupakan tempat di mana kalian akan dapat mengetikan serta dapat mengedit teks dalam sebuah dokumen atau lembar kerja.
  • Ruller: Letaknya ada pada bagian atas dan terdapat di sebelah kiri dokumen Kalian. Akan mempermudah untuk dapat menyelaraskan dan dapat menyesuaikan jarak yang di inginkan.
  • Tell Me: Memungkinkan bagi para User untuk dapat mencari perintah, Dapat membantu jika kalian tidak ingat di mana kalian menemukan sebuah perintah tertentu.
  • Microsoft Account: Kalian dapat mengakses terkait dengan informasi dari akun Microsoft yang kalian pergunakan, melihat profil, dan beralih akun.
  • Scroll Bar: Klik lalu tarik scroll bar vertikalnya untuk dapat menggerakan ke atas dan ke bawah melalui halaman dokumen.
  • Page dan Word Count: Kalian akan dapat dengan cepat untuk melihat jumlah kata dan halaman yang ada didalam dokumen Kerja kalian.
  • Document Views: Ada tiga cara untuk dapat melihat dokumen. Read Mode dapat menampilkan dokumen Kalian didalam modus layar penuh. Print Layout, dipilih secara default dan akan menampilkan dokumen sama seperti halaman yang akan dicetak. Web Layout menunjukkan bagaimana dokumen yang kalian miliki, dimana akan terlihat sebagai halaman web.
  • Zoom Control: Klik lalu tarik slider untuk dapat menggunakan perintah dari zoom control ini Angka yang terletak dikanan slider dapat menunjukan persentase pembesarannya.
Fitur umum dari Microsoft Word 2016

Word 2016 masih menggunakan fitur versi lamanya berupa Ribbon dan Quick Access Toolbar, di mana kalian akan dapat menemukan perintah untuk dapat melakukan tugas-tugas umum di Word, serta tampilan Backstage.


Ribbon
Microsoft Word menggunakan sistem tab Ribbon, bukan dari bagian menu tradisional. Ribbon telah berisi beberapa tab, yang dapat kalian temukan di dekat bagian atas jendela Word.
Setiap tab yang telah berisikan beberapa kelompok pada perintah yang terkait. Contohnya jika, kelompok Font yang ada pada tab Home berisikan perintah-perintah untuk melakukan pemformat terkait dengan teks dalam dokumen kerja.
Beberapa kelompok juga memiliki panah kecil yang ada pada sudut kanan bawah yang dapat user atau pengguna klik untuk pilihan yang lebih banyak lagi.

Menyembunyikan dan Menampilkan Ribbon 

Seandainya kalian merasakan kalau dengan kehadirannya Ribbon ini mengambil terlalu banyak ruang layar dari tampilan kalian, maka lebih baik Ribbonnya kalian sembunyikan. Untuk dapat melakukan ini, maka kalian dapat langsung klik panah Ribbon Display Option yang ada di sudut kanan atas Ribbon, lalu selanjutnya pilih opsi yang kalian inginkan dari menu drop-down:
  • Auto-hide Ribbon: Untuk menampilkan berupa dokumen kalian dalam bentuk atau modus layar penuh serta akan dapat menyembunyikan Ribbon dari pada pandangan. Untuk dapat menampilkan kembali Ribbon, klik menu perintah Expand Ribbon di bagian atas layar.
  • Show Tabs: Merupakan opsi lainnya, pada Opsi ini akan dapat menyembunyikan semua kelompok perintah yang ada. Sewaktu mereka hendak tidak dipergunakan, akan tetapi, tab akan tetap terlihat. Untuk dapat menampilkan kembali Ribbon, cukup klik tab.
  • Show Tab dan Commands: Opsi ini dapat memaksimalkan Ribbon. Semua tab yang ada serta perintah akan dapat terlihat. Opsi ini dipilih secara default sewaktu Kalian akan membuka Word untuk pertama kalinya.
Update*

Menggunakan Fitur Word " Tell Me "
Pasti ada saja yang namanya pengalaman berupa kesulitan dalam menemukan perintah yang hendak kalian inginkan, kini dengan hadirnya fitur Tell Me dapat membantu pengguna. Fitur ini berkerja layaknya seperti Fitur Pencarian : Ketikan yang kalian ingin carikan, dan daftar pilihan akan muncul nantinya.
Quick Access Toolbar

Posisinya ada tepat di atas dari Ribbon, Quick Access Toolbar dapat memungkinkan user atau para pengguna untuk dapat mengakses perintah umum dengan tidak mempedulikan tab mana yang hendak dipilih. Secara default nantinya, itu dapat menampilkan perintah seperti adanya Save, Undo, dan Redo, Namun, perlu di perhatikan itu secara default, kalian pun dapat menambahkan perintah lain.

Cara menambahkan perintah pada Quick Access Toolbar:

  • Klik panah drop-down di sebelah kanan Quick Access Toolbar.
  • Pilih perintah yang ingin Kalian tambahkan dari menu.
  • Perintah akan ditambahkan pada Quick Access Toolbar. 
Ruller
Ruller letaknya atau posisinya ada pada bagian atas dan di sebelah kiri dokumen. Ruller akan mempermudah user atau pengguna nantinya untuk dapat menyesuaikan dokumen dengan sangat presisi. Jika kalian hendak akan menginginkan, Kalian dapat menyembunyikan Ruler untuk memperbasar ruang layar atau ruang tampilan Word.

Cara Menampilkan dan menyembunyikan Ruler:
  • Silahkan menuju ke menubar dan Klik tab View.
  • Lalu, Klik kotak centang di sebelah Ruller untuk menampilkan dan menyembunyikan Ruler.
Backstage
Pada tampilan yang ada pada Backstage untuk dapat menampilkan pilihan untuk dapat menyimpan, membuka file, mencetak, dan berbagi dokumen. Yang mana nantinya untuk dapat mengakses tampilan Backstage, klik tab File pada Ribbon.
Mengenal lebih dekat lagi tampilan dari penggunaan Backstage.
  • Return to Word: Kalian akan dapat menggunakan panah untuk mulai menutup tampilan Backstage dan juga kembali ke Word.
  • Info: Pada Panel Info akan muncul setiap kali kalian ingin mengakses tampilan Backstage. Ini berisikan terkait dengan informasi tentang dokumen saat ini. Kalian juga nantinya dapat memeriksa dokumen untuk dapat menghapus informasi pribadi dan kembali melindunginya, mencegah orang lain membuat perubahan terhadap dokumennya.
  • New: Disini, Para pengguna akan dapat membuat lembar dari dokumen kosong yang baru, atau Kalian akan dapat memilih dari pilihan template.
  • Open: Kalian akan dapat membuka dokumen yang sudah disimpan pada komputer atau OneDrive yang kalian pergunakan.
  • Save dan Save As: Kalian akan dapat menggunakan perintah dari Save dan Save As yang mana diperuntukan untuk dapat menyimpan dokumen ke komputer atau OneDrive Kalian.
  • Print: Perintah Print, Kalian dapat ubah pengaturannya saat ingin mencetak Dokumen kerja kalian. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan fungsi preview dari Print ini.
  • Share: Kalian dapat mengundang orang untuk nantinya dapat melihat dan juga ikut berkolaborasi pada dokumen yang kalian kerjakan.
  • Ekspor: Kalian dapat mengekspor sebuah dokumen menjadi sebuah file dengan format lain, seperti PDF / XPS.
  • Close: Menutup Lembar kerja atau Menutup Word 2016 yang sedang di pergunakan.
  • Account: Kalian dapat mengakses berbagai informasi terkait dengan akun Microsoftnya, mengubah tema dan juga latar belakang, dan keluar dari akun.
  • Options: Kalian nantinya akan dapat mengubah berbagai pilihan Word. Contohnya, Seperti kalian dapat mengontrol pengaturan ejaan dan juga pemeriksaan tata bahasa, pengaturan AutoRecover, dan seperti preferensi bahasa.
Interface Dokumen dan Zooming Dokumen
Word memiliki berbagai pilihan terkait dengan tampilan yang dapat mengubah dan juga bagaimana dokumen yang kalian pergunakan akan dapat ditampilkan. Kalian dapat memilih melihat dokumen Kalian pada mode baca/Read View, Print Layout, atau Web Layout. Tampilan ini dapat berguna untuk berbagai tugas, nantinya yang mana, jika Kalian hendak berencana untuk mencetak dokumen. Kalian juga dapat memperbesar dan memperkecil agar dokumen lebih mudah dibaca.

Mengalihkan berbagai tampilan dokumen
Mengalihkan berbagai tampilan dokumen yang berbeda sangatlah mudah. Cukup yang kalian cari dan kalian pilih tampilan dokumen yang kalian diinginkan di sudut kanan bawah jendela Word.
  • Read Mode: Tampilan ini akan dapat membuka dokumen pada layar penuh. Tampilan ini juga sangat begitu berguna untuk dapat membaca teks dalam jumlah besar atau jika hanya ingin meninjau pekerjaan yang sedang dikerjakan.
  • Print Layout: merupakan tampilan default yang sudah di dahulukan oleh Word. Ini akan menampilkan seperti apa tampilan dokumen ketika hendak akan dicetak.
  • Web Layout: Disini akan dapat menampilkan dokumen layaknya seperti pada halaman web, yang dapat membantu jika kalian hendak akan menggunakan Word untuk mempublikasikan konten secara online.
Zoom In dan Zoom Out
Untuk dapat memperbesar atau hendak akan memperkecil, silahkan klik dan tarik zoom control slider di sudut kanan bawah jendela Word. Kalian juga nantinya akan dapat memilih perintah + atau - untuk dapat memperbesar ataupun hendak akan memperkecilnya secara bertahap. nomor di sebelah slider menampilkan persentase zoom saat ini, juga disebut zoom level.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan Pengenalan Awal dari Microsoft Word 2016. Dan tentunya ini dapat di gunakan untuk berbagai versi ya, maksudnya adalah kalian kalau sudah terbiasa dengan versi lama maka dengan hadirnya versi baru 2016 ini seharusnya sudah jauh lebih paham dan bisa.
Load comments

Comments