Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Daun Kitolod dengan 6 Manfaat Bagi Kesehatan

KelasHiro, Karawang - Tanaman kitolod merupakan salah satu dari jenis tanaman yang sudah cukup dikenal serta mudah untuk ditemui, dan tanaman ini tumbuh secara liar di tempat yang lembab , lokasinya seperti selokan, pinggir sungai, pematang sawah ataupun berada disekitar danau. Tanaman ini memiliki nama ilmiahnya Isotoma longiflora, tanaman ini mengandung lobelin dan isotomin. Daun dari tanaman ini mengandung saponin, alkaloid, polifenol. Tanaman Kitolod dapat ditemukan di dataran rendah yaitu 1000 mdpl. 
Dan kalian wajib mengetahuinya kalau tanaman yang tumbuh di mana saja ini ternyata memiliki berbagai manfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti penyakit iritasi mata, sakit gigi, asma, hingga penyakit kanker.

Anatomi tumbuhan

Tanaman Kitolod ini memiliki bunga yang berwarna putih yang mana muncul dari bagian ketiak daunnya serta bertangkai panjang. Daun kitolod ialah merupakan daun tunggal dengan bentuk meruncing serta sedikit bergerigi. Batangnya tegak, menopang daun, bunga dan buahnya mencapai 60cm, serta bagian dari pangkalnya memiliki getah yang beracun.

Manfaat

Masing-masing pada daun dan juga dari Tanaman bunga kitolod ini memiliki manfaat tersendiri, akan tetapi, perlu diingat kalau tanaman kitolod ini merupakan sebagian dari obat yang harus bersih dan terbebas dari penyakit, jangan menggunakan tanaman kitolod yang berasal dari tempat kotor. Dan ingin pangkalnya merupakan racun yang berbahaya.

1. Sebagai obat mata
Salah satu dari fungsinya ialah sebagai pengobatan mata yang mengalami iritasi, penggunaan terhadap tanaman kitolod ini yang di pergunakan sebagai obat mata ternyata sudah terbukti aman secara ilmiah

Cara penggunaannya ialah dengan mengambil beberapa bunga kitolod hingga sampai ke pangkal tangkai dari bunganya. Rendam bunga tersebut dalam air bersih selama beberapa menit, lalu kalian teteskan air tersebut dari ujung bagian dari tangkai bunganya ke mata sebanyak 2-3 tetes. Awalnya mata terasa perih dan sepat, silahkan kalian ulangi hal ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Asma dan radang tenggorokan
Daun kitolod yang seringkali dipergunakan untuk dapat menyembuhkan juga penyakit asma, radang tenggorokan dan bronchitis. 

Caranya ialah dengan merebus 2-3 daun kitolod yang sudah pasti bersih, lalu, airnya disaring dan diminum hingga 2 kali sehari.

3. Antibiotik luka
Daun kitolod selain dapat menyembuhkan 2 point di atas ternyata dapat berperan lain, yaitu sebagai antibiotic alami untuk dapat mengatasi luka ringan seperti luka lecet atau robek. 

Cara dalam penggunaannya ialah sama seperti pada kasus sakit gigi, daun kitolod dapat ditumbuk dan dibalurkan pada luka sekitarnya. Cara ini tidak dapat dianjurkan untuk luka berat seperti adanya luka sobek yang terlalu dalam karena jika daun tertinggal di dalam luka untuk waktu yang cukup lama, dapat menyebabkan infeksi.

4. Kanker
Daun kitolod dapat dipercaya memiliki khasiat untuk dapat menyembuhkan kanker. 

Caranya ialah direbus 3 lembar daun kitolod yang masih menempel pada batangnya ingat awas pangkalnya, karena mengandung racun. Dalam 5 gelas air bersih, biarkan menguap sampai menyisakan 1 gelas air dan minum 1 kali sehari. 

5. Katarak
Katarak merupakan suatu penyakit yang dapat membutuhkan operasi medis untuk dapat disembuhkan dan dapat dihilangkan. Akan tetapi, siapa sangka kalau tanaman kelas rendah seperti Tanaman kitolod yang dapat menyembuhkan katarak. 

Caranya ialah ambil selembar tanaman daun kitolod, patahkan bagian dari tulang daunnya, tekan hingga mengeluarkan air dan silahkan campur airnya dengan 5 sendok makan air bersih. Lalu, teteskan ke mata yang mengalami katarak.

6. Sakit gigi
Sakit gigi memang dapat disembuhkan oleh bantuan dari tanaman kitolod yang mana khususnya pada bagian daunnya. 

Maka caranya ialah tumbuk 2 lembar dari Tanaman daun kitolodnya sampai halus dan kalian dapat letakkan ke bagian gigi yang berlubang. Cara ini sebenarnya hanya dapat bertindak sebagai penghilang dari rasa sakit saja.

Demikian manfaat dari tanaman daun kitolod. Semoga informasi ini dapat membantu kalian semua untuk penyembuhan dari 6 penyakit ini.
Load comments

Comments