Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Penjelasan Definisi dan Struktur pada Alogaritma

Definisi Algoritma

Algoritma, berasal dari nama seorang matematikawan muslim yang bernama Abu Ja‟far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi (780 M-850), orang barat menyebutnya AlKhuwarizm sebagai Algorism, yang diartikan proses menghitung dengan angka arab. 

Salah satu hasil karya beliau yang monumental ialah buku berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction), yang menjadi cikal bakal dari istilah “Aljabar” (Algebra) dipakai hingga saat ini. Seiring dengan perkembangan jaman isitilah dari "Algorism‟ berubah menjadi algorithm lalu, diartikan sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum.
Menurut bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma. Secara definisi, algoritma ialah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan secara logis. Dalam beberapa konteks, algoritma dapat diartikan urutan langkah-langkah yang spesifik (tertentu) untuk dapat melakukan suatu pekerjaan. Jadi algoritma tidak hanya diartikan sebatas pada perhitungan dengan komputer saja, akan tetapi dapat diartikan lebih luas lagi dalam kehidupan sehari-hari. Resep masakan ialah berupa contoh algoritma yang ada di kehidupan sehari-hari. Petunjuk pemasangan AC, petunjuk perakitan komputer, petunjuk installasi software, panduan pengisian token listrik, Jadwal acara kegiatan merupakan berbagai bentuk dari algoritma yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. 

Makna yang pertama, pada algoritma ialah langkah-langkah yang logis dalam penyelesaian masalah, dimana langkah-langkah dalam suatu algoritma haruslah bersifat logis, sesuai dengan tujuan yang telah dicapai dan dapat ditentukan nilai kebenarannya. 

Langkah yang bersifat logis juga dapat diartikan pula tidak binggung atau ambigu. Langkah “tambahkan gula secukupnya”, merupakan sebuah contoh langkah atau proses yang bersifat ambigu atau bermakna ganda. Secukupnya bisa berarti setengah sendok teh, satu sendok teh atau mungkin bisa satu sendok makan, tidak ada kriteria yang pasti, maka antara satu orang dari pengguna dengan yang bisa menghasilkan output yang tidak sama, dalam hal ini rasanya. Artinya langkah-langkah yang ada pada algoritma harus dapat diikuti atau dapat ditelusuri dengan sangat baik sehingga mencapai hasil akhir yang diinginkan. 

Oleh karena itu dalam suatu algoritma, biasanya setiap pada langkah-langkahnya diberikan nomer agar pengguna algoritma dapat mengikuti setiap instruksinya yang telah diberikan dengan baik. Selain itu langkah-langkah dalam algoritma juga harus terbatas, artinya ia akan dapat berhenti setelah melakukan sejumlah langkah. Karena tujuan dari algoritma ualah untuk mencari penyelesaian. Jika sebuah algoritma mempunyai langkah yang tidak terbatas, ini berarti usaha mencari penyelesaian yang tidak kunjung ada hasilnya. Maka dapat dikatakan algoritma tersebut sia-sia atau tidak berguna untuk digunakan.

Struktur Algoritma

Inti dari algoritma ialah untuk dapat menemukan solusi dari suatu permasalahan. Dapat menyelesaikan masalah, algoritma membutuhkan spesifikasi input (masukan) sesuai yang telah diperlukan, memprosesnya melalui serangkaian langkah-langkah dan untuk dapat menghasilkan output sebagai solusi dari permasalahan. 
Struktur Algoritma pada umumnya, terdiri dari 3 bagian, diantaranya :

1. Nama/judul Algoritma
Nama Algoritma memberikan sebuah gambaran secara singkat tentang apa tujuan dari Algoritma, sebenarnya misalkan nama resep masakan, dan lain sebafainya. Pemberian nama pada Algoritma disarankan singkat dan jelas, ajan tetapi, sudah mewakili maksud dari algoritma. Dalam Algoritma komputer biasanya nama algoritma dituliskan tanpa adanya spasi, misalkan Algoritma VolumeBalok atau Algoritma Volume_Balok.

2. Bagian Deklarasi
Bagian deklarasi ialah tahap persiapan dari sebuah algoritma. Pada bagian ini dijelaskan kebutuhan agar algoritma dapat berjalan. Istilah lainnya di sinilah alat dan bahan didefinisikan. Dalam algoritma pemrograman, bagian deklarasi menjelaskan input atau masukan apa saja yang akan diproses oleh algoritma termasuk jenis data input atau tipe data, dan output atau pengeluaran apa yang akan dihasilkan serta semua hal yang akan dipakai dalam algoritma.

3. Bagian Deskripsi
Pada bagian ini dijelaskan tentang serangkaian langkah-langkah (instruksi) atau sebuah pernyataan (statement) untuk memproses alat dan bahan atau inputan untuk dapat menghasilkan output sesuai yang diharapkan. Langkah-langkah dalam algoritma dituliskan dari atas ke bawah. Urutan penulisan menentukan urutan perintah.

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait dengan Struktur, Definisi dari Alogaritma , semoga dapat memberi informasi kepada kalian semua.
Load comments

Comments