Pengertian, Fungsi serta Sejarah Windows

Sewaktu kalian akan menggunakan perangkat keras komputer, terlebih dahulu pastinya kalian sudah harus untuk menginstall operating system. Operating System (OS) atau lebih dikenal dengan nama sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak yang dibutuhkan agar perangkat komputer dapat berfungsi dengan baik. OS menghubungkan antara perangkat keras dengan berbagai macam perangkat yang terdapat pada komputer sehingga dapat saling terintegrasi.
Salah satu Operation System yang berbayar adalah Windows. Dari generasi ke generasi selanjutnya, Windows terus mengalami perubahan serta perkembangan yang cukup baik sekali, karena terlihat dari para penggunanya, Sistem Operasi Windows, hampir seluruh Dunia sudah menggunakannya dan itu berbagai versi.

Pada Kesempatan kali ini kami, akan memberitahukan kepada kalian semua terkait dengan Pengertian, Fungsi Berikut dengan Sejarahnya.

Pengertian Windows


Windows ialah berupa sebuah sistem operasi atau OS yang diterbitkan atau di keluarkan oleh perusahaan Microsoft, dimana pada sistem operasi ini telah menyediakan tampilan dari grafis (GUI / Graphical User Interface) agar lebih sederhana dan mudah sewaktu dioperasikan. Dengan hadirnya Windows, para pengguna tidak perlu lagi untuk mengetikkan suatu perintah melalui command line atau seperti sebelumnya yaitu MS-DOS. Tinggal gerakkan saja Mouse dan Keyboard kalian, Klik Aplikasi atau Hapus dengan mudahnya, jika kalian menggunakan Windows.

Fungsi Windows

Berikut ini beberapa Fungsi dari Windows, diantaranya :

  • Menghubungkan antara aplikasi dan perangkat keras, untuk dapat terintegrasi bekerja secara konsisten dan stabil.
  • Mengendalikan serrta dapat mengelola sumber daya yang sedang dijalankan, termasuk perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer
  • Mengelola suatu proses yang terdiri dari persiapan, penjadwalan, serta pemantauan program yang sedang dijalankan.
  • Mengelola berupa beberapa data input dan output serta mengendalikannya.

Sejarah Windows

Adanya Windows itu Sekitar 1985. yang mana Setelah berpuluh tahun kemudian, banyak hal yang telah berubah, akan tetapi beberapa juga tetap mereka pertahankan. Untuk lebih mengenal lagi terkait dengan sejarah Windows mulai dari versi awal sampai dengan versi saat ini, Berikut ini akan kami sampaikan untuk kalian.

Windows 1 – November 1985
Dari Versi ini lah Awal mula windows berasal, dan perkembangannya dipelopori langsung oleh Bill Gates, yang mana merupakan seorang dari founder Microsoft pemilik resmi perusahaan tersebut. Windows 1 original diluncurkan ditahun 1985, merupakan percobaan pertama terhadap tampilan grafis (GUI) versi 16-bit. Ciri khasnya ialah yang ada pada Windows 1sangat bergantungnya pada penggunaan mouse.

Untuk dapat membantu pengguna agar lebih familiar terhadap sistem ini, Microsoft juga menyertakan game, yaitu Reversi yang mana cara untuk memainkannya sangat bergantung pada kontrol mouse, sehingga akan dapat membuat orang terbiasa untuk dapat menggerakkan mouse.

Windows 2 – Desember 1987

Dua tahun berlalu setelah Windows 1 tersebut diluncurkan, Windows pun terus melakukan perkembangan, terbukti dengan diluncurkannya versi terbaru yaitu Windows 2 pada Desember 1987. Salah satu dari inovasi terbesar yang muncul pada Windows 2 ini ialah kemampuannya untuk dapat meminimalkan atau memaksimal diri, yang dahulu hanya bisa dilakukan dengan cara “iconising” atau “zooming”. Control panel dan lain berbagai hal dalam pengaturan lainnya dijadikan satu sehingga memudahkan penggunanya, hal ini pun bertahan hingga dengan saat ini.

Windows 3 – Mei 1990
Windows yang pertama yang memerlukan penyimpanan berupa hard drive diluncurkan ditahun 1990. Windows 3 adalah berupa versi Windows yang dapat membuatnya tersebar luas dengan sukses yang mana pada akhirnya menyaingi Macintosh dari Apple Inc. Serta dari Commodore Amiga. Windows 3 memperkenalkan berupa kemampuan untuk dapat menjalankan program MS-DOS, yang juga mendukung 256 warna sehingga pada tampilannya akan sangat terlihat lebih berwarna. Permainan kartu Solaitaire merupakan salah satu inovasi yang ada didalam Windows 3.

Windows 3.1 – 1992

Ditahun 1992, Windows 3.1 telah diperkenalkan dengan menggunakan ciri khas utamanya yaitu berupa adanya font TrueType. Permainan berupa Minesweeper mulai bisa dimainkan dengan menggunakan versi dari Windows 3.1 yang membutuhkan RAM sebesar 1 MB untuk dapat bekerja. Pada Windows 3.1 juga merupakan versi windows yang pertama didistribusikan melalui penggunakan CD-ROM.

Windows 95 – Agustus 1995

Dari Windows 95 ada beberapa hal yang menonjol, yang mana di antaranya adalah diperkenalkannya tombol Start Serta Menu Start, yang mana pada sampai saat ini masih ada dan letaknya berada pada pojok kiri bawah dari layar kalian. Windows 95 juga telah memperkenalkan berupa sistem 32-bit, yang mana dapat melakukan multitasking. Dan selain itu, Windows 95 juga telah dibekali dengan adanya taskbar sehingga akan dapat mempermudah pengguna dalam mengoperasikan OS versi ini. MS-DOS masih memiliki peran penting untuk pengguna dari versi Windows 95, yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan berbagai program. Dan tidak kalah penting lagi yaitu berupa browser Internet Explorer sudah ada pada versi Windows 95 ini.

Windows 98 – Mei 1998
Sesuai dengan Namnya, sistem Operasi ini di luncurkan pada tahun 1998, Versi dari Windows ini sudah dilengkapi dengan hadirnya Internet Explorer 4, Outlook Express, Windows Address Book, Microsoft Chat, dan NetShow Player. Netshow Player yang mana pada akhirnya kemudian digantikan dengan Nama Windows Media Player pada Windows 98 edisi ke-2  ditahun 1999.

Penggunaan akan perangkat lain seperti USB sudah mulai berkembang pesat pada Windows 98, termasuk dengan USB hubs dan USB mice. Salah satu perubahan yang cukup signifikan atau sangat besar yang mana juga terjadi pada Windows 98 ialah dengan adanya Windows Driver Model untuk komponen komputer dan juga accesories, yaitu sebuah driver yang mendukung semua versi Windows di masa setelahnya.

Windows Millenium Edition (ME) – September 2000

Banyak yang telah berpendapat Kalau pada Windows ME versi ini kurang begitu menarik atau kurang bagus. Windows yang diluncurkan pada September 2000 ini memperkenalkan beberapa konsep penting untuk para penggunanya, seperti adanya sebuah sistem recovery otomatis. Windows ME, pertama kali diperkenalkan dengan Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7, dan Windows Movie Maker.

Windows 2000 – Februari 2000

Ini merupakan versi kembaran dari Windows ME, karena mereka lahir ditahun yang sama. Windows 2000 selanjutnya dikembangkan menjadi versi Windows XP. Pada Windows 2000, hal yang paling terlihat ialah  mulai hadirnya berupa sistem hibernation yang terletak bersamaan dengan shutdown, restart dan stand by.

Windows XP – Agustus 2001
Pada Windows XP merupakan salah satu dari versi Windows yang paling banyak disukai oleh para pengguna. Berbasiskan pada Windows 2000 dan juga dari elemen yang cukup ramah terhadap pengguna dari Windows ME, pada versi dari Windows XP ini, menu Start diberikan berupa warna hijau dan juga pada taskbarnya memiliki tampilan secara visual yang bagus. Windows XP, ini diperkenalkanlah ClearType, yang mana merupakan sebuah program yang didesain untuk dapat memudahkan sebuah teks dibaca pada layar, juga beberapa inovasi lainnya seperti CD-burning, dan fitur autoplay dari sebuah CD.

Windows XP adalah berupa sebuah operating system yang paling lama digunakan, bahkan update dari Windows XP masih tersedia hingga pada April 2014, 13 tahun setelah pertama kali diluncurkan. Masalah terbesar yang dimiliki oleh versi dari Windows XP ini ialah keamanannya.

Windows Vista – November 2006

Setelah Windows XP mengalami tingkat akan kepopularitasnya selama 6 tahun setelah diluncurkannya, pada akhirnya Windows Vista pun hadir pada November 2006. Pada versi dari Windows Vista, tampilan Windows lebih terfokus pada elemen transparannya, seperti search dan security yang ada di dalamnya. Pada Windows Vista, ada beberapa aplikasi di antaranya adalah Windows Media Player 11, dan IE 7, dan terdapat speech rocognition, Wondows DVD Maker, serta Photo Gallery.

Akan tetapi, Windows Vista ini sering membuat penggunanya merakan yang namanya terganggu karena adanya request berbagai macam aplikasi yang ditawarkan. Windows Vista juga berjalan dengan sangat lambat pada perangkat komputer lama, bahkan beberapa versi Vista ini tidak dapat digunakan pada perangkat PC tertentu. Dan parahnya lagi, banyak yang bilang ini merupakan sebuah "Produk Gagal".

Windows 7 – Juli 2009
Windows 7 pada akhirnya pun diluncurkan dengan misi untuk dapat memperbaiki berbagai macam masalah dan juga kritikan yang diterima oleh para pengguna dari Windows Vista. Microsoft kembali menambah kemudahaan pengguna dengan desain dari Windows 7 yang jauh lebih baik lagi. Windows 7 dapat dijalankan dengan lebih cepat, stabil, dan tentunya sangat mudah, sehingga banyak para pengguna yang pada akhirnya beralih ke sistem operasi dari Windows 7 dari sebelumnya pengguna XP atau Vista.

Windows 8 – Oktober 2012

Di tahun Oktober 2012, Microsoft berharap kembali pada Windows 8 yang akan menjadi primadona baru bagi para pengguna komputer (yang sebelumnya sudah puas dengan menggunakan Windows 7). Hal yang paling mencolok dari sistem operasi Windows 8 ini ialah adanya berupa widget untuk dapat menggantikan daftar berbagai macam program di tombol Start. Tampilan desktop masih sedikit mirip dengan Windows 7. Windows 8 dapat dijalankan dengan lebih cepat tentunya apalagi saat proses Booting dibandingkan dengan menggunakan versi Windows sebelumnya. Windows 8 juga dilengkapi dengan USB 3.0.

Windows 8.1 – Oktober 2013
Yang mana pada versi sebelumnya, Windows 8 tidak memiliki tombol Start didekstopnya. Hal ini kemudian diperbaiki oleh perusahaan Microsoft dengan dihadirkannya versi terbarunya yaitu Windows 8.1 yang diluncurkan pada Oktober 2013. Windows 8.1 telah kembali memunculkan tombol Startnya, akan tetapi dengan menggunakan ikon yang bergambar empat jendela dengan versi flat, bukan hanya berupa tulisan “Start”nya saja. Kembalinya tombol Start ini juga diharapkan agar lebih memudahkan para pengguna yang masih menggunakan mouse dan juga keyboard tanpa layar sentuh.

Lokasi pada tombol Start pada Windows 8.1 sama dengan lokasi tombol start pada Windows 7, yakni berada di pojok kiri bawah desktop. Perbedaan lain antara Windows 8.1 dengan 8 terletak pada bagian dari ukuran tile pada Start Screen. Ukuran tile pada Windows 8.1 terlihat jauh lebih fleksibel dan juga lebih bervariasi.

Windows 10 – Juli 2015
Dan selanjutnya datang dari versi Windows 10 dirilis pada Juli 2015. Pada versi dari Windows 10 ini tetap dipertahankan berupa tombol Start dengan desktop yang jauh lebih seimbang. Versi dari Windows 10 ini memiliki tampilan yang jauh lebih elegan dan juga terlihat lebih minimalis sehingga membuat para penggunanya nyaman dalam menggunakannya.

Beberapa fitur yang cukup menarik dihadirkan dari Windows 10 ialah adanya kemampuan untuk dapat mengganti keyboard menjadi mode mouse dan menjadi mode tablet, seperti yang ada pada komputer Surface Pro 3 yang keyboardnya dapat dilepas. Dengan berbagai kelebihan pada Windows 10 ini yang menarik dan juga sangat memukau, maka membuat banyak pengguna yang langsung berbondong-bondong untuk melakukan upgrade dari sistem operasi lama mereka ke Windows 10.

Demikian yang dapat kami Sampaikan, Mulai dari Pengertian Windows, Fungsi Windows, dan Sejarah Windows, tentukan Pilihan kalian tentunya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian.

0 Comments