Tutorial Mudah Untuk Mengaktifkan Restore Point di Windows 7

Mungkin di antara kalian semua ada yang sering mengalami namanya sistem operasi komputer Windows yang kalian gunakan mengalami error atau terjadi yang namanya masalah saat menginstall sesuatu? Atau mungkin saja terjadi pada komputer yang kalian pergunakan merupakan salah satu Windows yang sering terserang yang namanya virus? Tepat sekali kalian datang ke website ini, Kalian akan mendapatkan salah satu fungsi dari yang namanya sistem restore pada komputer yang kalian pergunakan untuk mengembalikan perubahan yang terjadi ke keadaan semula sebelum kesalahan tersebut terjadi pada komputer yang kalian pergunakan. Windows memiliki tools atau alat bantu untuk mengatasi masalah tersebut.
System restore merupakan sebuah tool pemulihan atau recovery yang memiliki fungsi untuk dapat mengembalikan keadaan komputer Kalian pada keadaan semula. Akan tetapi, masih banyak yang keliru tentang keadaan seperti apa yang akan nantinya dikembalikan oleh sistem tersebut. Sistem restore ini tidak hadir untuk dapat menjalankan atau untuk dapat mengembalikan file dokumen pribadi Kalian seperti gambar, video, dokumen penting ataupun yang lainnya ke keadaan semula melainkan hanya sebuah informasi registry dan berbagai setting Windows saja.
Tidak ada yang bisa menjamin kalau komputer yang kalian pergunakan akan selalu aman dan bekerja lancar. Sama saja seperti, sebaiknya Kalian akan diharuskan untuk dapat mengaktifkan sistem restore pada Windows 7 Kalian. Hal ini merupakan salah satu dari upaya agar error atau kesalahan yang terjadi pada komputer Kalian nantinya dapat diselesaikan dengan cara mengembalikan sistem ke titik di mana sebelum komputer Kalian dalam keadaan error.

Apabila saat ini komputer yang kalian pergunakan sedang mengalami error, Kalian akan dapat mengembalikan sistem Kalian dalam keadaan ‘normal’. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku untuk Kalian yang system restore yang belum diaktifkan. Kabar baik ini hanya berlaku untuk Kalian yang menggunakan system restore di komputer Kalian yang sudah aktif secara otomatis. Pada beberapa komputer, mungkin system restore ini tidak diaktifkan secara otomatis oleh sistem operasi yang di pergunakan. Kemudian, file pengaturan system restore ini akan disimpan secara berkala dalam periode tertentu atau disebut dengan restore point.

Berikut ini kami akan memberitahukan kepada kalian apakah sistem restorenya sudah aktif atau belum, oleh karena itu kalian diharuskan untuk dapat mengeceknya terlebih dahulu apakah partisi penyimpanan / drives Kalian sudah aktif (akan ON) atau belum aktif (akan OFF). Jika system restore komputer Kalian belum aktif, sebaiknya Kalian segera mungkin untuk mengaktifkan system restore pada Windows 7 Kalian. Perhatikan langkah - langkah ini dalam melakukan pengaktifan terhadap system restorenya pada sistem operasi Windows 7.

Cara Mengaktifkan System Restore pada Windows 7

1. Silahkkan buka Control panel pada sistem Kalian dengan cara buka file explorer pada komputer Anda terlebih dahulu > kemudian klik kanan pada Computer > lalu pilih Properties. Atau Kalian dapat mengetikkan control panel pada search lalu pilih system.
2. Setelah itu kalian bisa klik System Protection.
3. Lalu, kalian bisa pilih drives yang ingin diaktifkan > pilih Configure.
4. Selanjutnya, pilih opsi pertama yaitu Restore system settings and previous versions of files > Kalian juga dapat mengatur Disk space usage (opsional) > lalu klik OK.
5. Jika protection pada drives Kalian sudah berubah menjadi On, maka system restore point Yang kalian pergunakan artinya adalah telah berhasil diaktifkan.
Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kalian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. 

0 Comments