Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Perlindungan terhadap Diri sendiri dalam Keselamatan Kerja yang perlu di perhatikan

Perlindungan Personal (Personal Protection).

Untuk mencegah kecelakaan kerja terhadap diri sendiri dengan menggunakan pakaian yang benar dan juga peralatan yang sesuai dengan kondisi pekerjaan yang sedang di lakukan. Melindungi diri sendiri merupakan salah satu dari sebuah pertimbangan pertama sebelum akan memulai suatu pekerjaan. Tidak akan selalu dapat bekerja dengan aman, tetapi akan bekerja dengan percaya diri. Terdapat tiga area perlindungan personal sebagai pertimbangan :
  • Faktor resiko personal
  • Pakaian pelindung.
  • Peralatan pelindung.

a. Faktor Resiko Personal (Personal Risk Factor).
Bila bekerja dengan menggunakan mesin yang berputar contohnya, pada penggunaan mesin bor, harus meyakinkan bahwa tidak akan ada yang terjadi pada bagian yang bergerak.

Cincin dan jam tangan :
Jangan menggunakan Jam dan Cincin saat Bekerja karena akan membawa faktor yang berbahaya terhadap keselamatan diri.

Rambut Panjang :
Larangan besar saat menggunakan mesin Bor, bila rambut kalian panjang. Karena ini akan membawa faktor celaka terhadap diri sewaktu bekerja.
Pakaian Longgar :
Jangan menggunakan pakaian longgar saat bekerja, hal ini akan membawa faktor selanjutnya yang bersifat berbahaya sehingga akan membawa kecelakaan kerja terhadap diri sendiri.

b. Pakaian pelindung (Protective Clothing).
Sewaktu sedang tidak melakukan suatu pekejaan maka diwajibkan dan juga diharuskan untuk selalu berpakaian dengan mode terbaru dan juga menggunakan pakaian yang sesuai dengan musimnya.

Mengenakan pakaian yang kokoh :
Pakailah pakaian dengan beberapa perlindungan terhadap abrasi dan juga tahan robek. Pakaian dengan lengan pendek tidak dianjurkan karena tidak melindungi sebagian dari anggota badan.

Mengenakan pakaian tanpa lengan kemeja dan celana panjang :
Tidak dapat melindungi secara penuh jika jatuh atau adanya suatu percikan bunga api dan serpihan yang berbahaya.

Mengenakan sepatu yang kuat (Safety Shoes) :
Dengan menggunakan Safety Shoes maka kalian akan mendapatkan perlindungan penuh pada bagian dari kaki. Khususnya pada bagian jari kaki. Sepatu Safetynya menggunakan bagian depannya dengan Baja. Sehingga akan jauh lebih aman sewaktu di pergunakan.

c. Peralatan pelindung (Protective Devices).
Beberapa hal terkait dengan pekerjaan mempunyai potensi yang cukup berbahaya, dan ada batasan yang luas dengan tersedianya peralatan pelindung. Peralatan dirancang untuk dapat melindungi kepala, mata, telingga, tangan dan paru-paru.

Pelindung Kepala :
Selalu gunakan Helm saat bekerja di Proyek, atau sewaktu berada di workshop, hal ini akan membantu saat bekerja. Karena akan dapat mencegah benda yang jatuh dari atas atau lainnya.

Lindungi Mata :
Gunakan Safety Glasses, hal ini akan dapat membantu sewaktu bekerja saat melakukan pengelasaan atau saat berada di workshop, agar terhindar dari debu atau kotoran.
Lindungi Telinga :
Gunakan Pelindung telinga dengan menggunakan Earplug atau Ear Muffs. Hal ini akan membantu dari kerusakan terhadap pendengaran telinga. Karena ini sifatnyanya dapat membantu pencegahan terhadap kebisingan.

Lindungi Tangan :
Pergunakan Sarung tangan (Gloves), hal ini akan sangat membantu bagi para welder, namun sarung tangan pun berbeda - beda, mulai dari Kulit, Kain, dan Plastik.

Lindungi Paru - Paru :
Dengan menggunakan Masker agar dapat terhindar dari yang namanya Pencemaran terhadap Lingkungan. Karena paru - paru memiliki sifat yang sangat penting bagi manusia. Tanpa adanya paru-paru maka manusia tidak dapat hidup.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.
Load comments

Comments