Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Mengembangkan Aplikasi Android

Kalian pun ternyata dapat mengembangkan Aplikasi yang ada pada sistem Operasi Android dengan menggunakan bantuan dari beberapa perangkat komputer yang dapat mendukung berbagai sistem operasi yang mereka gunakan pula, Seperti :
  • Microsoft Windows XP atau versi lainnya.
  • Mac OS X 10.5.8 atau versi lainnya.
  • Linux termasuk GNU C Library 2.7 atau versi lainnya.

Poin kedua merupakan semua alat yang diperlukan untuk dapat mengembangkan aplikasi Android tersedia secara gratis atau free dapat kalian lakukan download atau unduh di berbagai penyedia website. Berikut ini beberapa daftar software atau perangkat lunak yang kalian sangat perlukan sebelum kalian akan memulai pemrograman aplikasi Android-Nya.
  • Java JDK5 atau di atasnya
  • Android Studio

Di sini terdapat dua komponen terakhir yang merupakan opsional dan jika kalian semua akan bekerja pada sistem operasi Windows maka komponen-komponen ini dapat membuat lebih mudah saat melakukan pengembangan terhadap aplikasi yang memiliki basis Java. Berikut ini akan kami coba bahas untuk kalian semua.

Set-up Java Development Kit (JDK)

Kalian akan dapat mengunduh Java JDK versi terbarunya melalui situs Java Oracle - Java SE Downloads. Kalian nantinya akan menemukan instruksi untuk dapat menginstal JDK tersebut di file yang telah kalian unduh, ikuti petunjuknya yang telah diberikan untuk dapat menginstal dan mengkonfigurasi terkait dengan pengaturannya. Yang mana pada akhirnya dapat mengatur variabel lingkungan PATH dan juga JAVA_HOME untuk dapat langsung merujuk ke direktori yang berisi java dan javac, biasanya java_install_dir / bin dan java_install_dir masing-masing.

Jika Kalian nantinya akan menjalankan Windows dan akan melakukan installasi JDK di C: \ jdk1.8.0_102, Maka kalian harus meletakkan baris berikut di file C: \ autoexec.bat.
set PATH=C:\jdk1.8.0_102\bin;%PATH%
set JAVA_HOME=C:\jdk1.8.0_102
Atau, Kalian juga dapat mengklik kanan pada My Computer, lalu pilih Properties, dan kemudian Advanced, Lalu, kemudian Environment Variables. Dan Kemudian, Kalian akan memperbarui nilai PATH dan menekan tombol OK.

Pada sistem operasi Linux, jika SDK diinstal di /usr/local/jdk1.8.0_102 dan Kalian menggunakan shell C, Kalian akan memasukkan kode berikut ke file .cshrc. 
setenv PATH /usr/local/jdk1.8.0_102/bin:$PATH
setenv JAVA_HOME /usr/local/jdk1.8.0_102
Atau, jika Kalian hendak akan menggunakan Android studio, maka ia akan tahu secara otomatis di mana Kalian telah menginstal Java-Nya.

IDE Android
Ada begitu banyak sebuah Teknologi canggih yang telah tersedia untuk dapat mengembangkan aplikasi android, teknologi yang sudah dikenal, yang sebagian besar menggunakan alat sebagai berikut
  • Android Studio
  • Eclipse IDE (Tidak berlaku lagi) 
Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian para pecinta Android.
Load comments

Comments