Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Cara Termudah Dalam Membuat Tombol Navigasi di Ms. Excel 2007, 2010, 2013, 2016

Sewaktu kalian akan membuat banyak sekali yang namanya sheet didalam file Ms. Excel versi berarpun mulai dari 2007, 2010, 2013, dan 2016, maka dimana kalian akan terkadang merasa kesulitan untuk dapat beralih dari satu sheet ke sheet yang lainnya. Dalam menghadapi permasalahan yang demikian, maka ada sebuah selusi yaitu bernama menu navigasi. Tutorial kali ini akan membahas tetang cara untuk membuat menu navigasi pada Microsoft Excel. 

Menu navigasi merupakan sebuah tombol yang kalian dapat buat untuk dapat beralih dari satu sheet ke sheet yang lainnya. Tombol-tombol ini nantinya dapat kalian buat dengan Shape yang terdapat pada menu Insert > Shape. Kalian akan dapat memilih bentuk tombol yang kalian inginkan, baik itu rectangle (persegi), oval, atau bentuk yang lainnya.

Setelah shape tersebut kalian buat, maka pada langkah selanjutnya dengan menambahkan teks pada tombol tersebut lalu kalian dapat memberikan link pada tombol. Untuk memberikan link pada tombol tersebut dengan klik menu Insert > Hyperlink, maka akan muncul sebagai berikut :
Untuk dapat menghubungkan tombol dengan menggunakan sheet dalam file yang sama pilihlah “Place in The Document” lalu kalian dapat pilih nama sheet yang akan kalian tunjukan nantinya melalui tombol tersebut. Kalian juga bisa menambah efek penjelasan fungsi tombol tersebut dalam “Screen Tips”. Klik Screen Tips dan silahkan kalian dapat isikan petunjuk mengenai sheet yang akan dituju jika tombok di klik. Jika sudah silahkan klik OK, maka tombol navigasi tersebut sudah siap untuk berfungsi. 

Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kalian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat tentunya untuk kalian nantinya.
Load comments

Comments