Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Cara Mengaktifkan Tab Menu Developer di Ms. Excel 2010, 2013, 2016


Ternyata setelah di telusuri lebih dalam lagi dan lebih mengenal lagi terkait dengan apa itu Excel, yang mungkin ada dalam pikiran adalah pengelola angka yang mana isinya adalah rumus - rumus yang harus di pahami dan di pelajari dengan baik. Namun, ternyata selain adanya rumus-rumus yang terdapat pada Ms.excel, ternyata masih ada juga berupa fasilitas excel yang tidak kalah penting untuk dapat dipelajari sehingga pada format aplikasi excel yang dibuat lebih maksimal dan jauh lebih efektif yaitu dengan menggunakan fungsi dari VBA dan macro. Sebenarnya tidak hanya terdapat di Ms. Excel tetapi fitur ini juga terdapat pada Ms. Office lainnya seperti word, access dan juga powerpoint. Akan tetapi, VBA dan macro seringnya digunakan  pada Ms. Excel.

VBA (Visual Basic for Aplications) ialah sebuah turunan dari bahasa pemrograman yang sudah di kenal yaitu VB yang bisa dipergunakan untuk dapat mempermudah seorang user untuk dapat mendesain dan juga membangun program VB (Visual basic) dalam aplikasi utama dari Microsoft Office tujuanya ialah agar pekerjaannya jauh lebih efektif dan juga lebih efisien.

Macro dipergunakan untuk dapat merekam pekerjaan banyak pada Ms. Excel, contohnya dalam suatu pekerjaan yang sifatnya berulang, maka sangat bisa dikerjakan secara otomatis. Saran yang digunakan untuk dapat membuat makro yaitu dengan menggunakan koding VBA didalamnya.

Menurut Settingan secara default biasanya pada tab menu untuk fungsi dari VBA dan macro belum dapat muncul, hanya terdapat pada tab menu Developer, yang pertama akan dibahas yaitu dengan cara memulai untuk dapat menampilkan menu Developer. 

Berikut ini adalah langkah - langkahnya.

1. Silahkan kalian menuju Tab menu FILE.
2. Selanjutnya adalah dengan kalian menuju Setting/Options.
3. Maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.
4. Silahkan kalian Pilih Costumize Ribbon.
5. Setelah itu kalian Pilih di Sebelah Kanan, ada yang belum di Ceklis yaitu Developer, Silahkan kalian Ceklis.
6. Dan terakhir tinggal kalian klik OK.
Dengan kata lain pembahasan atau pengaktifan Tab Menu Developer Telah usai kalian bisa cek di Tab menu Utamanya, Maka akan bertambah 1 yaitu tab menu Developer.

Semoga ilmu yang kami sharing ini dapat bermanfaat untuk kalian.
Load comments

Comments