Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Apa Sih sebenarnya Perangkat Android Itu ?

Android ? Itu Apa Sebenarnya ?
Android merupakan Open Source dan juga merupakan sebuah Sistem Operasi yang memiliki basis Linux untuk perangkat bergerak seperti sebuah smartphone dan juga komputer tablet. Android dikembangkan oleh Open Handset Alliance, yang dipimpin langsung oleh perusahaan teknologi terbesar yaitu Google, dan juga beberapa perusahaan lainnya.

Android juga sudah menawarkan pendekatan terpadu untuk dapat pengembangan aplikasi untuk perangkat seluler yang berarti pengembang hanya perlu untuk dapat mengembangkan perangkat mereka atau yang di kenal dengan kata Android, dan aplikasi mereka harus dapat berjalan di berbagai perangkat yang didukung langsung oleh perangkat Android.

Versi beta pertama dari Sistem Operasi Android Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google ditahun 2007 yang mana pada saat itu merupakan versi komersial pertama, yaitu Android 1.0, dirilis pada bulan September 2008.

Tepat pada 27 Juni 2012, di konferensi oleh Google I/O, Google mengumumkan versi Android berikutnya, yaitu 4.1 Jelly Bean. Jelly Bean merupakan hasil dari pembaruan tambahan, dengan tujuan utama yaitu ingin meningkatkan tampilan antar penggunanya, baik dari segi fungsionalitas dan juga dari segi kinerja.

Kode sumber untuk perangkat Android tersedia di bawah lisensi perangkat lunak gratis dan juga sumber terbuka. Google pun menerbitkan sebagian besar kode di bawah Lisensi Apache dengan menggunakan versi 2.0 dan sisanya, kernel Linux berubah, di bawah GNU General Public License versi 2.

Kenapa memilih Android ?
Fitur yang ada pada Android

Android merupakan sebuah sistem operasi yang kuat yang dapat bersaing dengan perangkat dari Apple 4GS dan mendukung fitur-fitur hebat. Beberapa dari mereka tercantum di bawah ini.

Sr.No. Feature & Description
1 Beautiful UI
Layar dasar OS Android menyediakan antarmuka pengguna yang cantik dan intuitif.
2 Connectivity
GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE, NFC dan WiMAX.
3 Storage
SQLite, database relasional ringan, digunakan untuk tujuan penyimpanan data.
4 Media support
H.263, H.264, MPEG-4 SP, AMR, AMR-WB, AAC, HE-AAC, AAC 5.1, MP3, MIDI, Ogg Vorbis, WAV, JPEG, PNG, GIF, and BMP.
5 Messaging
SMS and MMS
6 Web browser
Berdasarkan mesin tata letak WebKit open-source, dipasangkan dengan mesin JavaScript V8 Chrome yang mendukung HTML5 dan CSS3.
7 Multi-touch
Pengguna dapat melompat dari satu tugas ke tugas lainnya dan pada saat yang sama berbagai aplikasi dapat berjalan secara bersamaan.
8 Multi-tasking
Pengguna dapat melompat dari satu tugas ke tugas lainnya dan pada saat yang sama berbagai aplikasi dapat berjalan secara bersamaan.
9 Resizable widgets
Widget dapat diubah ukurannya, sehingga pengguna dapat memperluasnya untuk menampilkan lebih banyak konten atau menyusutkannya untuk menghemat ruang.
10 Multi-Language
Mendukung arah tunggal dan teks dua arah.
11 GCM
Google Cloud Messaging (GCM) adalah layanan yang memungkinkan pengembang mengirim data pesan singkat ke pengguna mereka di perangkat Android, tanpa perlu solusi sinkronisasi kepemilikan.
12 Wi-Fi Direct
Teknologi yang memungkinkan aplikasi menemukan dan memasangkan secara langsung, melalui koneksi peer-to-peer bandwidth tinggi.
13 Android Beam
Teknologi berbasis NFC populer yang memungkinkan pengguna langsung berbagi, hanya dengan menyentuh dua ponsel yang dilengkapi NFC bersama-sama.

Aplikasi Android

Aplikasi Android dikembangkan dengan menggunakan bahasa Java menggunakan Perangkat Pengembangan Perangkat Lunak bernama Android.

Setelah dikembangkan, dengan menggunakan aplikasi Android dapat dikemas dengan mudah dan dapat di jual melalui Google Play, SlideME, Opera Mobile Store, Mobango, F-droid dan Amazon Appstore.

Android memberdayakan ratusan juta perangkat seluler di lebih dari 190 negara yang ada diseluruh dunia. Ini merupakan sebuah basis terinstal terbesar dari semua platform perangkat seluler dan sudah sangat berkembang pesat. Setiap hari lebih dari 1 juta perangkat Android baru diaktifkan di seluruh dunia.

Kategori dan Aplikasi Android

Terdapat berbagai macam aplikasi yang ada pada perangkat android, di Handphone Selular ini.
Sejarah Android

Nama kode rentang android mulai dari A ke N, mulai dari Aestro, Blender, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwitch, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, dan Marshmallow. 
Apa Itu API Level ?
Level API merupakan nilai integer yang secara unik mengidentifikasi kerangka revisi API yang ditawarkan oleh versi platform Android.
Platform Version API Level VERSION_CODE
Android 6.0 23 MARSHMALLOW
Android 5.1 22 LOLLIPOP_MR1
Android 5.0 21 LOLLIPOP
Android 4.4W 20 KITKAT_WATCH KitKat for Wearables Only
Android 4.4 19 KITKAT
Android 4.3 18 JELLY_BEAN_MR2
Android 4.2, 4.2.2 17 JELLY_BEAN_MR1
Android 4.1, 4.1.1 16 JELLY_BEAN
Android 4.0.3, 4.0.4 15 ICE_CREAM_SANDWICH_MR1
Android 4.0, 4.0.1, 4.0.2 14 ICE_CREAM_SANDWICH
Android 3.2 13 HONEYCOMB_MR2
Android 3.1.x 12 HONEYCOMB_MR1
Android 3.0.x 11 HONEYCOMB
Android 2.3.4
Android 2.3.3
10 GINGERBREAD_MR1
Android 2.3.2
Android 2.3.1
Android 2.3
9 GINGERBREAD
Android 2.2.x 8 FROYO
Android 2.1.x 7 ECLAIR_MR1
Android 2.0.1 6 ECLAIR_0_1
Android 2.0 5 ECLAIR
Android 1.6 4 DONUT
Android 1.5 3 CUPCAKE
Android 1.1 2 BASE_1_1
Android 1.0 1 BASE

Load comments

Comments