Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Apa Itu Model Pembelajaran dan Media Pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan sebuah proses yang sistematis dan juga teratur yang dilakukan oleh para pendidik dalam menyampaikan suatu materi kepada siswa/i-nya. Dengan cara ini diharapakan tujuan dari suatu kegiatan belajar mengajar dapat tercapai dengan cukup baik.
Dengan kata lain, pendidik tentu sangat perlu untuk mengatahui dan juga mempelajari metode pembelajaran. Cara ini juga dapat membuat murid untuk tidak merasa bosan atau merasa jenuh di dalam ruang kelas.

Sebenarnya masih banyak yang namanya sebuah manfaat di dalam menggunakan metode yang sistematis dalam suatu proses belajar mengajar. Semisalnya waktu belajar semakin efektif, murid semakin semangat belajar dan masih banyak lainnya.

Pengertian Model Pembelajaran
Model pembelajaran ialah sebuah proses dari suatu metode sistematis untuk dapat mengorganisasikan kegiatan belajar mengajar agar tercapai suatu tujuan dari pembelajaran. Di dalam model pembelajaran terdapat beberapa hal terkait dengan pendekatan yang memiliki keunggulan dari masing-masing.

Pada dasarnya model dari pembelajaran dan juga metode pembelajaran memiliki pengertian yang sama. Dengan adanya perkembangan zaman macam-macam metode berkembang sangat pesat. Sehingga harus disesuaikan dengan zaman saat ini atau era saat ini.

Media Pembelajaran
Pengertian media pembelajaran ialah suatu alat bantu dalam proses pembelajaran. Beberapa tujuan dari penggunaan alat ini yaitu untuk membangkitkan pikiran, perasaan, perhatian serta untuk dapat meningkatkan kemampuan belajar para siswa/i-nya.

Setelah mengetahui adanya media pembelajaran, diharapkan para pendidik dapat mempraktikkannya agar mendorong proses belajar berjalan dengan sangat baik.

Brigs (1997), Merupakan seorang tokoh yang memiliki pendapat bahwa media pembelajaran adalah bentuk sarana fisik untuk menyampaikan informasi pembelajaran. Menurutnya sarana yang dapat digunakan bisa melalui buku, video, dan lain  sebagainya.

Sedangkan menururt NEA atau National Education Associaton (1969) yang menerangkan bahwa media pembelajaran adalah berupa sarana komunikasi. Yang pada umumnya bisa dapat terbentuk cetak atau penglihatan-pendengaran, dan teknologi perangkat keras.

Dalam metode pembelajaran, pada posisi dari media pembelajaran cukup penting. Ialah sebagai alat dalam proses komunikasi. Jika, tanpa adanya media, maka komunikasi antara seorang pendidik dan murid tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu metode pembelajaran dan media pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat penting dipelajari pada dunia pendidikan.

Artinya Bahwa media pembelajaran merupakan sebuah alat atau benda yang dapat dipergunakan untuk dapat membagikan informasi. Selain itu juga membangkitkan daya pikir, perasaan dan keinginan para siswa/i-nya.

Harapannya dengan hadirnya media adalah dapat membentuk suatu proses belajar yang baik, efisien dan efektif.
Load comments

Comments