Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Pemeliharaan Bengkel (Industrial Housekeeping)

2. Pemeliharaan Bengkel (Industrial Housekeeping).

Industrial Housekeeping artinya tindakan pemeliharaan pada tempat kerja. Luangkan waktu untuk menjaga tempat kerja bersih dan rapih.


a. Area Tempat Kerja (The Work Area).
  • Jagalah Kebersihan Tempat Kerja :
Jagalah kebersihan lorong atau gang, tangga dan lintasan untuk berjalan kaki setiap saat. Setiap orang harus dapat bebas bergerak disekitar tempat kerja tanpa resiko tersandung atau secara khusus yakinkan bahwa tidak ada hambatan dan bersih pada jalan keluar. Pada keadaan darurat, waktu yang berharga dan kehidupan apapun harus aman jika semua orang berlari pada lorong (tempat berjalan).
  • Sediakan Tempat Sampah :
Buanglah sampah dan bahan yang tidak terpakai pada tempatnya yang benar.
  • Bersihkan (Clean Up) :
Setelah selesai melakukan pekerjaan harus selalu membersihkan sampah dan bahan yang tidak terpakai. Jika terdapat oli, cat, stempet atau minyak harus dibersihkan supaya tidak menimbulkan kebakaran, atau menyebabkan orang terpeleset.
  • Tempat Penyimpanan Bahan (Store Material) :
Bila kalian telah menyelesaikan suatu pekerjaan selanjutnya simpanlah bahanbahan pada tempat (lemari/rak) atau gudang yang telah disediakan.
b. Mengorganisir Meja Kerja.

Peralatan dan buku manual yang di butuhkan harus ditemapatkan dengan aman pada saat kalian akan melakukan pekerjaan pada meja kerja, akan membahayakan jika tidak ditempatkan dengan benar dan aman tehadap anda untuk bekerja dengan aman.
  • Tempat untuk bekerja :
Tempat untuk bekerja dapat diwujudkan pada meja dengan menepatkan beberapa peralatan. Peralatan di tempatkan pada papan peralatan yang ada gambarnya adalah suatu ide yang bagus. Kalian juga akan menghemat ruangan untuk menyimpan alat dan peralatan yang tidak digunakan pada rak yang benar atau kotak alat.
c. Perilaku Personal (Personal Behavior).

Jika kalian seorang yang perokok, lakukan pada tempat yang sudah disediakan atau area yang aman dan harus menggunakan asbak untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran. Selalu meyakinkan bahwa api rokok sudah padam. Untuk alasan keamanan dan kesehatan pada kebanyakan tempat kerja, merokok dapat dilakukan di dalam gedung.

Kalian dilarang untuk makan atau minum pada meja kerja, ataupun di tempat kerja. Sesuatu yang membahayakan adalah residu atau kontaminasi bahan kimia dapat terkonsumsi melalui makanan dan akhirnya anda akan sakit. Bahan untuk menyolder akan terakumulasi ke dalam tubuh secara pelahan-lahan. Cucilah tangan kalian setelah kalian menyolder dan jangan memegang bahan solder dengan mulut sendiri.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan untuk kalian terkait dengan pembahasan Pemeliharaan Bengkel. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.
Load comments

Comments