Newsletter

If you like articles on this blog, please subscribe for free via email.

Kunci Spanner yang wajib di Ketahui, Beserta Fungsinya

Kunci-Kunci (Spanner)

Terdapat dua jenis alat bantu kerja yaitu yang pertama adalah alat tangan dan yang kedua adalah alat bertenaga (hand tools and Power tools). Kedua jenis alat ini ternyata dibedakan atas tenaga dari penggeraknya, alat tangan berarti alat yang mana didalamnya dipergunakan khusus hanya mengandalkan tenaga mansia, sedangan power tools untuk menggerakkannya dengan menggunakan tenaga bantu dari mesin, misalnya dengan menggunakan mesin gerinda untuk dapat berputar batu gerindanya harus di putarkan oleh motor listrik.

Kunci merupakan sebuah alat untuk membuka dan mengunci. Kunci jika di artikan dalam artinya ialah peralatan perbengkelan memiliki fungsi sama yaitu untuk dapat membuka dan mengencangkan (mengunci) sebuah baut terhadap murnya atau sebaliknya.

Sebutan untuk kata mur/baut dalam hal ini merupakan berdasarkan tinjauan dari bentuk kepala, bukan bentuk ulirnya. Kepala baut dimaksud dapat berbentuk segi enam, atau berbentuk segi empat, sedangkan bentuk lain adalah berbentuk lubang persegi, atau bintang di tengah kepala baut, akan tetapi tidak tirus kearah dalam. Untuk kunci yang dipergunakan membuka baut dengan lubang ditengah kepala baut, penamaannya tergantung juga bentuk bentuk gagangnya. Jika diaplikasikan dengan gagang seperti obeng maka sering juga disebut obeng. 

Kunci Pas (Open End Spanner)
Kunci pas dibuat dari bahan baja dengan tensil tinggi yaitu logam paduan pada Chrome Vanadium, kunci ini memiliki tangkai (shank) dengan kepala di masing-masing ujung yang membuat sudutnya sekitar 15 terhadap tangkainya. Pada disain khusus terdapat kunci pas dengan arah bagian dari rahangnya itu 90 dari tangkainya Digunakan untuk dapat melepas baut atau mur yang sudah dikendorkan dengan kunci socket atau ring.

Kunci pas dapat melepaskan bagian dari baut dengan cepat. Kunci pas tidak boleh untuk mengencangkan atau untuk mengendorkan baut yang belum kendor, karena nantinya akan dapat merusak kepala baut/mur, mengingat bidang sentuhnya hanya sedikit.

Umumnya ukuran pada bagian dari kepala berbeda antar sisi misalnya 9 mm dan 10 mm.

Kunci Pas – Ring (Combinatin Spanner)
Dapat dipergunakan untuk dapat mengencangkan atau mengendorkan baut/mur terutama pada bagian-bagian yang sulit terjangkau oleh kunci socket.

Kunci pas-ring cukup praktis, karena pada bagian dari ringnya, dapat untuk mengencangkan/ mengendorkan sedangkan pada bagian pasnya dapat digunakan untuk dapat melepaskan dengan cepat. Hati-hati mengencangkan baut/mur ukuran kecil, karena dapat menyebabkan baut patah.

Kunci Ring (Offset Ring Spanner)
Sudut offset yang cukup lazim ialah 45 Derajat, akan tetapi tidak selalu 45 Derajat. Sudut ini akan dapat memungkinkan dari spanner dapat terpasang dengan sangat tepat pada mur/baut, dengan posisi yang sulit sekalipun. dan jika menggunakan kunci spanner yang jenisnya jauh lebih pipih akan terjadi kurangnya ruang antara yang cukup.

Ujung persegi menutupi bagian dari sudut mur/baut sepenuhnya, kemungkinan pada wrench untuk tergelincir akan jauh sangat lebih kecil. Ketika membuka bolt pada ruang terbatas, wrench dapat diangkat dan dimasukkan kembali.

Jangan pernah nantinya kalian menggunakan extension pada wrench untuk dapat meningkatkan torque. Wrench tidak didesain untuk diberi extension karena tidak akan tahan dan juga dapat slip atau mengalami kerusakan yang dapat berakibat cidera .

Kunci Nipel (Flare Nut Spanner)
Spanner ini dapat digunakan untuk nantinya melakukan pengencangan/pelepasan terhadap baut pada sambungan–sambungan pipa yang serupa dengan sambungan-sambungan yang digunakan pada injector line atau pada pipa rem.

Ferrule nut wrench
Flare nut spanner mempunyai bentuk yang serupa dengan standard box end wrench, hanya pada slot di bagian ujung dan jaw yang berbeda. Pada bagian dari ujung wrench berbentuk miring berkisar 15 derajat dari bagian shank dan ukurannya sudah ditandai pada bagian tengah shank. Wrench pada jenis ini dirancang untuk dapat melonggarkan atau mengencangkan ferrule nut pada fuel line dan tidak boleh digunakan untuk tujuan umum atau aplikasi dengan torque tinggi.

Perhatian : JANGAN pernah menggunakan extension atau memukul dengan hammer untuk dapat melipatgandakan kekuatan. 

Engkol Percepatan (Speed Brace)
Alat ini dipergunakan untuk dapat melepaskan dengan cepat baut atau mur yang sudah kendor. Dibutuhkan ruang yang cukup nantinya untuk dapat menggunakan peralatan ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kalian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.
Load comments

Comments