Berbagai Macam Kunci Shock

Ratchet
Ratchet merupakan sebuah kelengkapan kunci socket yang dipergunakan untuk dapat melepas/memasang baut yang dalam keadaan longgar, tanpa harus melepaskan kunci sock dari kepala baut ataupun mur. Selama proses melepas dan memasang cukup dengan cara menarik dan mendorong batang ratchetnya. Untuk dapat mengubah arah putaran kunci sock, cukup dengan memutar kunci pembaliknya.

Ratchet handle dan juga head dibuat dari besi tempa dengan drive pada salah satu sisi dan tuas pemutar yang memiliki pengatur arah putaran pada headnya. Standard rachet terdiri dari ukuran dan juga bentuk yang berbeda-beda untuk dapat penggunaan yang berbeda-beda pula, terdiri dari swivel head, long handle, short handle, dan juga bent handle swivel head. 

Ratchet dipasang dengan bantuan dari drive socket untuk dapat melepas dan juga dapat memasang komponen pengikat di semua penggunaan yang cukup ruang. Yakinkan socket terpasang dengan baik ke ratchet lug. Jangan pergunakan extension pada ratchet atau memukul dengan hammer dikarenakan dapat menyebabkan kerusakan pada tool atau cidera. Selalu menarik ratchet, jangan pernah didorong.

Batang Geser T (Sliding ’T’ Bar)
Batang Geser ‘T’ dipergunakan untuk dapat mengendorkan sebuah mur dan juga baut yang sangat kencang. Alat ini menggunakan dua buah pegangan yang dipergunakan untuk dapat memberikan tekanan pada arah yang berlawanan.

Batang Universal (Breaker Bar)
Alat ini pada bagian gagangnya bisa disambungkan dengan berbagai jenis penyambung untuk dapat mengendorkan baut-baut yang sangat kuat. 

Batang Perpanjangan Sock (Socket Extension Bar)
Alat ini dipergunakan bersama dengan alat yang bernama ratchet atau Alat yang sama untuk nantinya dapat menjangkau mur dan juga baut yang tidak terjangkau oleh spanner.

Pastikan pada extension sudah sejajar dengan head nut atau head bolt dan juga socket terpasang dengan aman serta tidak dalam berada di posisi miring pada suatu sudut. Jika tidak maka pada extension nantinya akan dapat tergelincir yang terjadi ialah dapat menimbulkan kerusakan pada bagian dari tool atau kemungkinan cidera. Berhatihatilah ketika kalian akan saat bekerja di dalam tempat yang tertutup di sekitar sambungan listrik.

Sambungan Sock Universal (Universal Socket Joint Wrench)
Sambungan sock pada universal dipergunakan untuk dapat melepaskan dan juga untuk memasang baut serta mur pada posisiposisi yang menyudut dan juga tidak terjangkau dengan menggunakan batang perpanjangan saja.

Universal joint terdiri atas internal drive socket member, external lug member dan pivot block di bagian tengah. Yoke dipasang pada pivot block dan juga dapat memberikan kedua pivot point yang memungkinkan sambungan dapat dibengkokkan. Universal joint dapat digunakan dalam aplikasi apa pun dimana ratchet atau extension harus berada pada bagian dari suatu sudut dengan socket.

Tool ini akan khusus dipergunakan untuk dapat menjangkau area yang sulit. Yakinkan bahwa socket sudah betul-betul pas dengan nut ataupun pas dengan bolt, jika tidak maka akan dapat terjadi slip sehingga pada tool menjadi rusak dan juga akan beresiko timbulnya kecelakaan. Jangan pernah menggunakan standard atau power universal joint dengan impact wrench.

Universal joint lebih keras dan juga akan jauh lebih rapuh dibandingkan dengan impact universal joint dan akan rusak atau pecah saat digunakan.

Socket segi enam (Single Hexagonal)
Alat ini berdinding dan juga sangat tebal dengan demikian akan dapat di artikan sebagai sangat kuat. Alat ini juga sangat cocok untuk dapat dipergunakan dengan bantuan alat bantu yang bernama impact gun. Kunci sock pada umumnya memiliki bidang sentuh pada seluruh bagian dari kepala baut ataupun mur dan juga lebih luas dibandingkan dengan kunci ring, sehingga akan sangat mungkinan untuk nantinya dapat merusak kepala baut dengan sangat kecil. Dengan kata lain dalam pengencangan yang extra disarankan menggunakan kunci sock terutama yang segi enam.

Kunci sock segi enam ganda (Double Hex Socket).
Alat ini dengan dinding yang dimilikinya juga tipis serta dibuat untuk dapat digunakan dengan menggunakan Alat penggerak yang dapat dioperasikan dengan menggunakan tangan. Alat ini akan sangat serbaguna di dalam dikarenakan akan sangat cocok untuk dipakai pada mur ataupun baut dalam 12 posisi yang berbeda-beda.

Kunci Roda (Wheel Brace)
Alat ini dipergunakan untuk dapat melepaskan dan juga dapat kembali memasangkan kembali pelak (lug) ataunpun mur (nut) pada roda. Alat ini biasanya mempunyai 3 ataupun 4 pada ujung socket dengan ukuran yang sangat berbeda-beda. Hal ini dapat membuat sebuah wheel brace dan sangat cocok untuk dapat berbagai penggunaan pada kendaraan.

Kunci Allen (Allens Keys)
Kunci allen, dapat disebut juga sebagai kunci inbus dan ternyata dapat dibuat dari baja heksagonal high tensile, serta seringkali dibengkokkan dengan sudut yang tepat dan juga memiliki bentuk huruf ”L” dan ada yang berbentuk huruf ”T”. 

Ada juga kunci dari allen yang dapat dioperasikan seperti kunci sock. Allen key dapat dipergunakan untuk nantinya dapat melepaskan serta dapat mengganti mur atau sekrup dengan tengah kepala berbentuk segi enam (Allen headed cap).

Kunci Sock Bintang (Star Socket)
Sekilas pada kunci ini akan mirip dengan kunci sock segi enam ganda, akan tetapi, berbeda jenis kepala baut yang dapat dibuka dengan menggunakan kunci ini. Penggunaanya serta kelengkapan lainnya adalah sama dengan kunci sock biasa.

Adjustable / Shifing Spanner
Digunakan bila pada spanner ataupun pada socket yang tepat untuk dapat pekerjaan tersebut tidak tersedia. Wrench ini memiliki head dengan salah satu dari jawnya tetap dan juga jaw yang lainnya bisa disetel. Pada Head memiliki sudut sekitar 22. 50 terhadap shank ataupun dari handlenya. Adjustment screw yang dik nurling nantinya akan dapat berguna untuk dapat menggerakkan adjustable jaw dan juga berada pada ditengah-tengah head.

Adjustable wrench secara umum dipergunakan pada bagian dari bolt atau nut ukuran tertentu (special) atau hanya ketika open end, box end ataupun pada combination wrench tidak tersedia. Meskipun adjustable wrench dapat dipergunakan pada berbagai macam ukuran, akan tetapi, tidak dapat mencengkeram nut atau bolt seaman standard wrench dan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk slip dan merusak fastener.

Wrench ini tidak dirancang untuk melakukan pekerjaan service yang berat dan juga tidak boleh digunakan di tempat yang memerlukan tenaga yang cukup kuat. Selalu kencangkan jaw dengan aman pada fastener sebelum menggunakan wrench.

Pastikan adjustable jaw menghadap ke si pengguna tool tersebut ketika akan menarik wrench. Hal ini akan menempatkan tenaga yang jauh lebih besar pada stationary jaw dan membantu mempertahankan cengkeraman yang kuat pada fastener.

Jangan Pernah memukul alat ini dengan menggunakan bantuan dari Palu. Karena akan menyebabkan kerusakan.

Kunci Busi (Spark Plug Socket)
Alat ini dipasang dengan menyisip kan karet yang tidak hanya untuk dapat mencegah porselin pada busi agar tidak pecah, melainkan juga untuk dapat menahan busi untuk nantinya memudahkan pelepasan dan pemasangan. Alat ini dibuat dengan bermacam-macam ukuran agar cocok dengan semua busi.

Demikian yang dapat kami sampaikan untuk kalian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.

0 Comments