2020 sampai 2024 Waktunya Jaringan Generasi kelima di Indonesia

KelasHiro, Karawang - Jaringan 5G sudah mulai di lakukan ujicoba oleh beberapa telekomunikasi yang ada di Indonesia. Demi mengefektifkan langkah menuju implementasi terkait dengan jaringan 5G, yang di usulkan ada task force khusus.
Diusulkan pula agar task force khusus, atau biasa di sebut dengan satuan tugas khusus, yang nanatinya dapat di isi oleh berbagai pihak tertentu, mulai dari sektor bisnis hingga teknis. Satgas ini bertugas untuk menjalankan kajian komprehensif tentang kesiapan implementasi 5G.

Menurut Denny Setiawan yang merupakan Direktur Penataan Sumber Daya Dirjen SDPPI kementrian Kominfo dalam acara Barcelona Unboxed Indonesia " Memang di operator dan vendor sudah siap trial tapi masing - masing,".

" Mungkin kita memmbutuhkan kebersamaan untuk dapat membuat task force supaya trial-nya tidak mubazir. Kami mengharapkan nanti ada regulator, vendor, operator akademisi maupun asosiasi, terlibat". 

Dengan dibentuknya task force itu tak lepas dari fakta kalau saat ini masih banyak isu yang masih harus di bahas seperti spektrum yang masih tidak tersedia, harga, use case, hingga infrastruktur. Maka pada setiap anggotanya dari satuan tugas bisa menyelesaikan satu isu tersebut.

Denny juga berharap satuan tugas ini bisa dibentuk dalam waktu dekat ini dan kajian ini juga dapat diselesaikan tahun ini. Dengan intregrasi ini, Denny juga mengharapkan Indonesia sudah bisa merasakan yang namanya Jaringan Generasi selanjutnya yaitu 5G dalam satu atau dua tahun mendatang.

"Kami Optimistis 2020 hingga 2024 eranya 5G. Fight ini harus siap, kalau tidak kita akan kalah di ASEAN," Tambahnya.

0 Comments